JPNN.com

Motor Mogok Saat Terabas Banjir? Jangan Panik, Ikuti Langkah Ini

Kamis, 02 Januari 2020 – 13:33 WIB Motor Mogok Saat Terabas Banjir? Jangan Panik, Ikuti Langkah Ini - JPNN.com
Banjir di Cawang, Jakarta, Rabu (1/1). Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Curah hujan di Jakarta dan sekitarnya diramalkan akan terus tinggi, dampaknya banjir di mana-mana.

Bagi Anda yang terpaksa harus beraktivitas dengan sepeda motor dan menerjang banjir kemudian mogok, maka tidak perlu panik.

Motor yang mogok saat menerabas banjir bisa diusahakan untuk dihidupkan kembali. Berikut langkah amannya:

1. Tenang dan Jangan Panik
Poin pertama ini harus diperhatikan, setelah keadaan lebih tenang, untuk menganalisa keadaan motor. Jangan lupa posisikan motor seaman mungkin. Pilih tempat yang agak longgar dan tidak mengganggu.

2. Cek Busi dan Keringkan
Analisa pertama, perhatikan bagian busi. Lepaskan busi motor dan coba dikeringkan. Karena itu, pengendara diharap untuk selalu membawa kunci busi untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.

Setelah motor yang terendam banjir dikeringkan, coba gunakan kick starter tanpa busi menancap pada motor. Lakukan beberapa kali dan setelah itu pasang kembali busi. Apabila berhasil perhatikan step nomor 5 dari artikel ini.

3. Cek Kelistrikan
Pastikan kelistrikan tidak ada yang terkena air. Cek baterai dan relay. Jika sudah dipastikan kering dan aman. Posisikan kontak ON, kemudian cek kondisi lampu dan speedometer. Jika normal berarti tidak masalah.

4. Cek Filter Karburator
Saringan udara tidak boleh terkena air. Karena itu cek filter karburator atau injektor. Apabila di dalamnya terdapat banyak air, hal wajar bila motor tak bisa menyala dan coba keringkan dan diamkan sejenak.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...