Mozambik Gunakan Satelit Bikinan Tiongkok untuk Memprediksi Cuaca

Mozambik Gunakan Satelit Bikinan Tiongkok untuk Memprediksi Cuaca
Satelit bikinan Tiongkok akan digunakan oleh pemerintah Mozambik untuk meramalkan cuaca. Foto: Aerospace Corporation

jpnn.com, MAPUTO - Badan Meteorologi Nasional Mozambik (INAM) beralih ke sistem satelit baru yang didukung oleh Tiongkok. Sistem ini akan memungkinkan prediksi yang lebih akurat tentang ramalan cuaca, perubahan iklim dan potensi bencana alam.

"Mulai Jumat (3/1) ini, kami akan memiliki sistem yang memungkinkan negara kami untuk memantau topan tropis, sesuatu yang tidak dapat dilakukan sistem sebelumnya karena keterbatasan cakupan," kata Wakil Direktur INAM Mussa Mustafa pada upacara peluncurannya di Maputo.

Mustafa menjelaskan bahwa sistem baru ini memiliki cakupan lebih luas yang dapat digunakan untuk memantau di mana topan tropis terbentuk serta lintasan yang akan dilaluinya, informasi yang akan membantu dalam mengeluarkan peringatan dini.

Wakil Menteri Transportasi dan Komunikasi Mozambik Manuela Ribelo mengatakan pemerintah berharap dapat membekali INAM dengan kapasitas untuk memberikan informasi meteorologis yang lebih baik.

Pemerintah Mozambik berharap sistem baru ini dapat digunakan dalam melakukan persiapan dini dan memadai di berbagai sektor, khususnya layanan udara dan maritim, serta pencegahan dan mitigasi bencana alam. (Xinhua/dil/jpnn)

Badan Meteorologi Nasional Mozambik (INAM) beralih ke sistem satelit baru yang didukung oleh Tiongkok. Sistem ini akan memungkinkan prediksi yang lebih akurat tentang ramalan


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Xinhua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News