Pertamina Makin Ekspansif, Kini Perkuat Kerja Sama dengan Perusahaan Migas Asal Mozambik

Pertamina Makin Ekspansif, Kini Perkuat Kerja Sama dengan Perusahaan Migas Asal Mozambik
Direktur Utama Pertama Nicke Widyawati mendampingi Presiden Jokowi sedang berbincang dengan Presiden Mozambik Filipe Nyusi di sela acara penandatanganan nota kesepahaman antara Pertamina melalui PT Pertamina Internasional Eksplorasi dan Produksi (PIEP) dengan MoU dengan Buzi Hydrocarbons Pte Ltd (BHPL). Foto: Dokumentasi Humas Pertamina

jpnn.com, MOZAMBIK - Masih dalam lawatannya di Afrika, kali ini di Mozambik, PT Pertamina (Persero) melalui PT Pertamina Internasional Eksplorasi dan Produksi (PIEP) telah menandatangani nota kesepahaman atau MoU dengan Buzi Hydrocarbons Pte Ltd (BHPL).

Mozambik merupakan negara ketiga yang dikunjungi oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Afrika, pekan ini.

Pertamina Group turut menjadi delegasi BUMN Indonesia yang ikut serta dalam kunjungan Kepala Negara untuk menjajaki proyek potensial dan berekspansi ke negara tersebut.

"Pertamina terbuka untuk melakukan ekspansi yang akan membawa dampak positif bagi Pertamina dan mendukung kerja sama bilateral antarnegara," kata Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati.

Nota kesepahaman antara PIEP dan BHPL yang telah ditandatangani menyepakati komitmen bersama untuk mengkaji potensi sektor migas, termasuk untuk berbagi data, serta potensial kerja sama di bidang upstream, midstream, downstream dan pembangkit listrik tenaga gas.

Buzi Hydrocarbons Pte. Ltd merupakan perusahaan migas swasta nasional yang sudah beroperasi di Mozambik selama lebih dari 10 tahun dan memiliki 75 persen hak partisipasi pada lapangan Buzi di Mozambik.

“Secara hulu migas, lapangan Buzi di Mozambik memiliki produksi gas yang menarik untuk dikolaborasikan, dan kami yakin keahlian tim dalam mengelola lapangan migas tidak saja di Indonesia, tetapi juga di mancanegara dapat memberikan nilai tambah bagi banyak pihak,” ungkap Jaffee A. Suardin selaku Direktur Utama PT Pertamina Internasional EP, anak perusahaan Subholding Upstream Pertamina.

Sinergi Pertamina Group juga diharapkan dapat terlihat dalam pengembangan blok ini nantinya, di antaranya Pertamina Drilling Service, Elnusa dan Pertamina Power Indonesia.

Pertamina memperkuat kerja sama strategis dengan perusahaan migas asal Mozambik, Buzi Hydrocarbons Pte. Ltd

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News