Anggota MPR RI Protes Keras ke PT Freeport, Begini Alasannya

Anggota MPR RI Protes Keras ke PT Freeport, Begini Alasannya
Anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI), Mervin Sadipun Komber. Foto: Dok. JPNN.com

jpnn.com, MANOKWARI - Anggota MPR RI Mervin Sadipun Komber protes keras kepada PT Freeport Indonesia (PTFI) karena membangun laboratorium di Institute Teknologi Bandung (ITB). Menurut Mervin, PTFI seharusnya membangun laboratorium di Tanah Papua dengan bekerja sama dengan Universitas Cenderawasih (Uncen) dan Universitas lainnya di Tanah Papua.

“Dengan membangun laboratorium di Tanah Papua akan sangat bermanfaat bagi pengembangan SDM bagi masyarakat Papua,” tegas Mervin Komber di Monokwari, Papua Barat, Minggu (18/2).

Pernyataan Mervin tersebut sekaligus mengkritik langkah PT Freeport Indonesia yang membangun gedung laboratorium modern Institute Teknologi Bandung (ITB). Laboratoium tersebut, menurut Mervin, digunakan seluruh program studi termasuk Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM).

Sayangnya, kata Mervin, Laboratorium tersebut dibangun di luar Tanah Papua. Saya mempertanyakan langkah PT Freeport yang membangun gedung Laboratorium di luar Tanah Papua.

“Mengapa laboratorium tidak dibangun di Tanah Papua? Ini sama dengan mengabaikan keberadaan kampus di Tanah Papua seperti Universitas Cenderawasih, UNIPA, STIH, UNMUS, UMS, STKIP, STIE dan lainnya,” tanya Mervin yang juga Ketua Alumni Fakultas Teknik UNCEN.

Mervin juga mempertanyakan alasan PT Freeport tidak memprioritaskan untuk bekerja sama dengan universitas di Tanah Papua. “Apakah kampus di Tanah Papua tidak mendapatkan prioritas karena menyuarakan hak-hak masyarakat adat kepada Freeport?” ujar Mervin yang juga Ketua Badan Kehormatan DPD RI ini.

Seperti diberitakan sejumlah media, Executive Vice President (EVP) Human Resources PTFI Achmad Didi Ardianto mengatakan PTFI memiliki harapan agar gedung Laboratorium bisa memberi manfaat tidak hanya bagi ITB namun juga para pihak di Papua.

Achmad menaruh harapan ITB dapat menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi dan masyarakat Papua dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan.

Anggota MPR RI Mervin Sadipun Komber menyayangkan langkah PT Freeport Indonesia membangun gedung Laboratorium di luar Tanah Papua.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News