MPR Gelar Sosialisasi 4 Pilar di Daerah Benteng Pancasila

MPR Gelar Sosialisasi 4 Pilar di Daerah Benteng Pancasila
Wakil Ketua MPR EE Mangindaan menyampaikan materi sosialisasi empat pilar MPR di Kepulauan Sangihe. Foto: Humas MPR

jpnn.com, SANGIHE - Mulai pukul 08.00 Waktu Indonesia Bagian Tengah, pelajar, aparatus sipil negara, tokoh masyarakat, tokoh agama, baik satu persatu maupun secara rombongan datang ke Pendopo Santiago, Rumah Dinas Bupati Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara.

Pada hari Rabu, 26 September 2018, di gedung yang berbentuk joglo itu digelar Sosialisasi Empat Pilar MPR. Sosialisasi kali ini sangat istimewa sebab sosok yang popular di Sulawesi Utara, E. E Mangindaan, hadir.

Mangindaan yang hadir dengan kapasitas Wakil Ketua MPR dalam acara itu didampingi oleh anggota MPR dari Fraksi PAN Bara Hasibuan dan anggota MPR dari kelompok DPD Stevanus.

Di hadapan ratusan peserta, Mangindaan mengatakan warga Kepulauan Sangihe berkumpul di sini untuk menyegarkan kembali nilai-nilai Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika. "Saya bersyukur bisa bersosialisasi dan bersilaturahmi dengan masyarakat," ungkapnya.

Menurut mantan Gubernur Sulawesi Utara itu, Sangihe merupakan garda terdepan bangsa Indonesia di utara yang berbatasan dengan Filipina. "Saat menjabat gubernur, Sangihe saya sebut sebagai Benteng Pancasila," ujarnya.

Sebutan itu disematkan sebab di Sangihe sejak lama hidup nilai-nilai seperti yang terkandung dalam Pancasila. Untuk itu sebagai daerah yang berbatasan dengan negara lain, Sangihe diakui mempunyai peran strategis.

"Untuk menjaga perbatasan, masyarakat Sangihe tak perlu diragukan", ujarnya. "Ini bukan basa-basi,” tambahnya.

Meski masyarakat daerah kepulauan itu tak diragukan lagi nasionalismenya namun Mangindaan tetap menyatakan perlu dilakukan sosialisasi. "Ini refresh atau penyegaran kembali supaya kita kembali mengingat nilai-nilai Empat Pilar," paparnya.

Wakil Ketua MPR EE Mangindaan menyampaikan matero sosialisasi empat pilar MPR di Kepualauan Sangihe.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News