JPNN.com

MPR: Hikmah Idulfitri Adalah Silaturahmi dan Persatuan Nasional

Selasa, 04 Juni 2019 – 23:59 WIB MPR: Hikmah Idulfitri Adalah Silaturahmi dan Persatuan Nasional - JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah mengatakan hikmah Idulfitri adalah silaturahmi. Hikmah dari silaturahmi adalah momentum untuk saling memaafkan. Jika sudah saling memaafkan satu sama lain, tentu saja akan terjalin kembali tali persaudaraan. Jika persaudaraan sudah terwujud maka akan lahir persatuan.

"Jika persatuan nasional sudah terjadi maka bangsa Indonesia siap menghadapi segala bentuk tantangan dan menyongsong kejayaannya," kata Basarah memperingati Idulfitri 1 Syawwal 1440 H yang jatuh pada Rabu 5 Juni 2019.

Wasekjen PDI Perjuangan memaparkan lebih lanjut bahwa Idulfitri di tanah air begitu identik dengan silaturahmi. Dalam konteks terkini budaya silaturahmi dan saling memaafkan satu sama lain demikian relevan untuk diterapkan dan amalkan.

"Inilah momentum bagi kita semua untuk kembali menyambung tali persaudaraan yang sempat terkoyak karena berbagai faktor," ungkapnya.

BACA JUGA: Persiapan Idul Fitri, Begini Arahan Jokowi di Rapat Kabinet

Mantan Sekjen Presidium GMNI itu menegaskan tidak ada alasan untuk tak saling memaafkan. "Saatnya kita kembali merajut persaudaraan dan persatuan nasional," jelasnya.

Salah satu pendiri Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi), itu menyinggung perihal konsep Islam rahmatan lilalamin. Baginya, Islam rahmatan lilalamin jangan hanya sebatas jargon atau dikhotbahkan di mimbar-mimbar saja, melainkan harus diterapkan dalam bentuk dan wujud nyata.

"Wujud nyatanya adalah sitaturahmi dan memperkuat trilogi ukhuwah, ukhuwah Islamiyyah, ukhuwah wathaniyyah dan ukhuwah basyariyah. Enyahkan semua sikap egoisme. Tanggalkan semua rasa iri dan dengki apalagi permusuhan. Mari menggenggam tangan bersama-sama merajut tali persaudaraan dan persatuan nasional," katanya.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...