MPR RI Bersama PWI Gelar Uji Kompetensi Wartawan Parlemen

MPR RI Bersama PWI Gelar Uji Kompetensi Wartawan Parlemen
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo saat membuka UKW-KWP, di Jakarta, Selasa (23/2). Foto: Humas MPR RI.

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) bersama Biro Hubungan Masyarakat dan Sistem Informasi Sekretariat Jenderal MPR RI dengan Koordinatoriat Wartawan Parlemen (KWP), Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), dan PWI Jaya menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) untuk para jurnalis yang tergabung dalam KWP.

Angkatan pertama UKW-KWP sekaligus angkatan ke-50 UKW-PWI Jaya ini diikuti 32 peserta.

Sebanyak 30 peserta mengikuti UKW tingkat wartawan muda, dan 2 orang mengikuti UKW tingkat wartawan utama.

"Setidaknya ada 145 wartawan yang tergabung dalam keanggotaan KWP. Jadi masih ada 113 wartawan lagi yang belum mengikuti UKW,” ujar Bamsoet saat membuka UKW-KWP, di Jakarta, Selasa (23/2).

Pihaknya targetkan setidaknya sebelum masa persidangan parlemen yang akan dibuka mulai 8 Maret hingga 9 April 2021 ini, seluruh wartawan dalam KWP sudah tersertifikasi.

Ketua ke-20 DPR RI ini juga menceritakan kisah hidupnya semasa menjalani karier sebagai wartawan.

Sebagai anggota PWI Jaya, dirinya juga mengikuti ujian dari tingkat calon anggota, wartawan muda, dan seterusnya. Saat akan menjadi pemimpin redaksi salah satu media massa, Bamsoet kembali harus mengikuti ujian dari PWI Jaya. Selain juga mengikuti penataran P4 (Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila).

"Menjaga kepercayaan dan menjalin hubungan baik dengan narasumber merupakan dua hal yang selalu saya lakukan saat menjalani karier sebagai wartawan,” ujarnya.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo bercerita pengalaman saat menjadi wartawan. Menjaga kepercayaan dan menjalin hubungan baik dengan narasumber merupakan dua hal yang selalu dilakukannya saat menjalani karier sebagai wartawan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News