Muda, Good Looking..Dia Lawan Potensial Ahok

Muda, Good Looking..Dia Lawan Potensial Ahok
Sandiaga Uno. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Calon Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno dinilai menjadi sosok yang paling potensial menandingi petahana Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dalam hal popularitas maupun elektabilitas Pilkada DKI Jakarta 2017.

"Warga Jakarta semakin mengenal sosok Uno," kata Direktur Survey & Polling Indonesia (SPIN) Igor Dirgantara dalam paparan hasil polling lembaganya, Selasa (21/6).

SPIN melakukan riset telepolling terkait beberapa nama yang beredar luas di media sebagai kandidat maupun sudah menyatakan minat maju di Pilkada DKI Jakarta 2017.

Riset dilakukan 10-15 Juni 2016, melalui telepolling, mengambil 500 responden pengguna telepon di lima wilayah DKI Jakarta minus Kepulauan Seribu secara acak dari buku telepon PT Telkom.

Tingkat kesalahan plus minus 4,5 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen. Riset ini dapat menggambarkan potret preferensi publik kelas menengah perkotaan ibukota.

Hasil riset, Igor menjelaskan, Ahok masih mengungguli bakal calon gubernur lainnya yang populer dan cocok memimpin Jakarta. Ahok meraih 34,1  persen, Sandiaga Uno 15,2 % persen, Yusril Ihza Mahendra 14,7 persen, Adhyaksa Dault 11, 2 persen, Abraham Lunggana  10,7 persen, Safrie Syamsuddin 9,5 persdn dan Hasnaeni Moein 4,6 persen.

"Riset telepolling ini fokus menanyakan kepada responden terkait siapa figur yang paling populer dan cocok memimpin Jakarta 2017," kata Igor.

Igor mencatat dalam riset ini terlihat gerakan perlahan tapi pasti yakni popularitas Sandi Uno yang naik. Dosen Fisip Universitas Jayabaya itu kemudian menjelaskan hal ini karena Sandi Uno merupakan calon yang paling rajin blusukan menjumpai warga Jakarta dari berbagai strata sosial, terutama menengah ke bawah dan pinggiran. 

JAKARTA - Calon Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno dinilai menjadi sosok yang paling potensial menandingi petahana Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News