Mudik Lebaran, Tiket KA Ludes Terjual, Pesawat 95 Persen

Mudik Lebaran, Tiket KA Ludes Terjual, Pesawat 95 Persen
Mudik Lebaran, Tiket KA Ludes Terjual, Pesawat 95 Persen

jpnn.com - JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melaporkan perkembangan terbaru jumlah angkutan lebaran yang sudah ludes terpesan kepada Komisi V DPR. Dari ketiga armada, yang paling ludes terpesan yakni kereta api.

"Tiket pesawat sudah laku terjual 95 persen, untuk kapal laut sudah 35 persen dan kereta api 100 persen habis terjual semua," ujar Menteri Perhubungan EE Mangindaan dalam rapat kerja (Raker) di Gedung DPR, Jakarta, Senin (7/7).

Ia menilai banyaknya permintaan tiket untuk moda-moda transportasi tersebut, menunjukkan bahwa kondisi ekonomi masyarakat mulai membaik. Bahkan harga tiket yang dijual hingga ratusan ribu tak menjadi masalah.

"Ini menandakan bahwa naik kereta api dan pesawat sudah bukan merupakan barang mewah lagi," terang dia.

Pihaknya pun sudah mengantisipasi melonjaknya jumlah pemudik. Karenanya semua moda transportasi sudah disiapkan, baik angkutan darat, angkutan laut maupun angkutan udara.

Saat ini angkutan darat disiapkan sebanyak 22.340 bus antar kota antar provinsi (AKAP), 16.415 bus antar kota dalam provinsi (AKDP) dan 4.260 bus pariwisata.

Untuk angkutan kereta api (KA) telah disiapkan sebanyak 293 KA reguler, 32 KA lebaran, 416 lokomotif siap operasi dan 1.555 kereta penumpang. Sedangkan, angkutan udara disiapkan sebanyak 430 pesawat dengan kapasitas 58.585 penumpang.

‪Sementara untuk angkutan sungai, danau dan penyeberangan, lanjut Mangindaan, pemerintah telah menyiapkan 174 kapal roll on roll off (Ro-ro).

JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melaporkan perkembangan terbaru jumlah angkutan lebaran yang sudah ludes terpesan kepada Komisi V DPR.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News