Sabtu, 22 September 2018 – 08:47 WIB

Mudik Lebaran, Tol Jakarta-Surabaya Sudah Tersambung

Kamis, 15 Maret 2018 – 06:06 WIB
Mudik Lebaran, Tol Jakarta-Surabaya Sudah Tersambung - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Pada masa mudik lebaran tahun ini, tol Trans Jawa dari Jakarta hingga Surabaya, bahkan Probolinggo dipastikan sudah bisa dilewati. Sebagian besar ruas jalan bebas hambatan itu sudah beroperasi.

Namun, ada sebagian yang masih fungsional. Seperti Pemalang-Batang, Batang-Semarang, Salatiga-Kartosura, Solo-Ngawi, dan Wilangan-Kertosono.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menjamin tidak ada lagi jalur darurat tahun ini. Kendati masih ada jalur yang fungsional, namun kondisinya sudah jauh lebih baik.

”Kita ingat tahun lalu dalam kondisi darurat dengan jalan berdebu, sebagian lean concrete dan sebagian masih perkerasan. Tahun ini, insya Allah sudah dibeton dan untuk lapisan tanah yang lunak atau fleksibel kita lapis dengan aspal,” ujar Basuki kemarin (14/3).

Menurut dia, ada dua titik kritis tersambungnya tol Trans Jawa untuk mudik 2018. Yakni pada lokasi pembangunan Jembatan Kali Kuto sepanjang 160 meter yang berada di ruas Batang-Semarang dan Jembatan Kenteng sepanjang 496 meter di ruas Semarang-Solo.

”Akhir Maret 2018, pekerjaan konstruksi di bagian bawah Jembatan Kali Kuto selesai. Kemudian baru kita pasang girder dan pelat baja untuk jembatan, mudah-mudahan Mei 2018 sudah bisa terpasang dan sebelum mudik bisa dilewati,” terangnya.

Dengan selesainya Jembatan Kali Kuto, diharapkan pemudik dapat melalui ruas itu hingga keluar di exit Krapyak, Semarang Barat, yang menjadi akhir dari ruas Batang-Semarang.

Tahun lalu, ruas tol tersebut difungsikan secara darurat hingga Gringsing, Kabupaten Kendal. Namun, jika kondisinya belum memungkinkan untuk dilewati, pemudik kemungkinan akan keluar sedikit ke jalan raya lalu kembali masuk tol setelah melewati jembatan tersebut.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar