Mufti Anam Beri Jempol Untuk Kinerja Erick Thohir Tangani Corona

Mufti Anam Beri Jempol Untuk Kinerja Erick Thohir Tangani Corona
Mufti Anam. Foto: source for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi VI DPR RI Mufti Anam mendukung sejumlah langkah yang diambil Menteri BUMN Erick Thohir dalam menangani penyebaran virus corona.

"Langkah Pak Erick Thohir perlu didukung. Sesuai arahan Presiden Jokowi, BUMN kerja cukup cepat pada tiga aspek sekaligus,” kata Mufti, Selasa (7/4).

Dia menjelaskan tiga aspek tersebut. Pertama, aspek keselamatan dan kesehatan masyarakat. Kementerian BUMN dengan kementerian terkait bergerak membuat RS darurat di Wisma Atlet maupun di Pulau Galang.

Erick juga mengonsolidasikan BUMN farmasi serta rumah sakit milik BUMN. ”Total RS BUMN bisa menangani 10.000 pasien corona, tetapi semoga tidak sampai sebanyak itu yang benar-benar dirawat. Kemudian obat-obatan, seperti klorokuin dan avigan juga siap,” ujarnya.

Mufti turut mengapresiasi langkah Kementerian BUMN mendatangkan alat penguji virus corona yang bisa melakukan hingga 1.400 tes per hari.

”Itu akan mempercepat dan memperluas pengetesan, karena Indonesia adalah salah satu negara dengan rasio pengetesan corona yang cukup rendah. Semakin banyak tes, tentu upaya-upaya mitigasi bisa cepat dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran,” ujarnya.

Mufti juga mengapresiasi inisiatif BUMN telekomunikasi dalam memberikan kuota internet gratis agar para pelajar bisa belajar di rumah sebagai bagian dari physical distancing untuk memutus mata rantai Covid-19.

Aspek kedua, sambung Mufti, adalah penyiapan jaring pengaman sosial masyarakat terdampak. Di antaranya kesiapan bank BUMN menyalurkan bantuan pemerintah, kesiapan PLN memastikan pelanggan 450 VA dan 900 VA menikmati gratis dan diskon listrik, Bulog sebagai pemasok bantuan sosial, dan CSR BUMN berupa paket sembako ke masyarakat.

Mufti menilai tiga aspek kerja Menteri BUMN Erick Thohir dalam menangani dampak virus corona pantas didukung.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News