Muhadjir: Dibutuhkan Tangan-Tangan Cerdas untuk Mengelola UUD 1945

Muhadjir: Dibutuhkan Tangan-Tangan Cerdas untuk Mengelola UUD 1945
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy. Foto: dok pribadi for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) sekaligus Ketua Badan Pembina Harian Universitas Muhammadiyah Malang (BPH UMM) Muhadjir Effendy mengatakan sumber daya alam yang ada di indonesia masih sangat banyak dan beraneka ragam.

Hal tersebut diungkapkan Muhadjir saat memberikan sambutan pada Wisuda Ke-111 Tahun 2023 Program Vokasi, Sarjana, dan Pasca Sarjana Universitas Muhammadiyah Malang secara daring, Selasa (26/12).

Dia pun berpesan kepada para wisudawan dan wisudawati untuk tetap semangat belajar dan menambah wawasan baru sehingga menjadi sumber daya manusia yang berkualitas dan serta berdaya saing.

"Karena, dibutuhkan tangan-tangan cerdas untuk mengelola dengan baik sesuai amanah Undang-Undang Dasar Tahun 1945," ucap Muhadjir.

Muhadjir menyebut untuk mengoptimalkan potensi SDA juga dibutuhkan pemerataan perekonomian di seluruh wilayah di Indonesia.

Penetapan Ibu Kota baru yakni Nusantara, sebagai langkah kongkrit perubahan paradigma pembangunan Indonesia dari Jawa Sentris menjadi Indonesia Sentris.
"Supaya pertumbuhan pembangunan di Indonesia menjadi lebih merata," ungkapnya.

Menko Muhadjir pun berharap para alumni lulusan UMM dapat mengambil peran dan ikut membangun Ibu Kota Baru Nusantara (IKN) sehingga terwujudnya Indonesia Emas 2045.

"Tahun 2045 tepat 100 tahun Indonesia merdeka merupakan momentum kalian untuk mengambil peran dan memberikan suatu yang bermakna untuk diri kalian, keluarga, dan bangsa ini," ucap Muhadjir.

Menko PMK Muhadjir Effendy menyebut sumber daya alam yang ada di indonesia masih sangat banyak dan beraneka ragam sehingga butuh tangan cerdas untuk mengelola

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News