Muhaimin Klaim Nilai UKP4 Atas Kinerja Kemnakertrans Baik

Muhaimin Klaim Nilai UKP4 Atas Kinerja Kemnakertrans Baik
Muhaimin Klaim Nilai UKP4 Atas Kinerja Kemnakertrans Baik

jpnn.com - MENTERI Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Muhaimin Iskandar mengklaim berdasarkan  hasil monitoring pada triwulan pertama tahun 2014, Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) memberikan penilaian baik kepada kinerja Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

“Berdasarkan hasil monitoring UKP4, secara keseluruhan kinerja Kemnakertrans dinilai sudah baik dan telah mencapai target-target rencana aksi yang ditetapkan UKP4, “ kata Menakertrans Muhaimin Iskandar kepada para wartawan, di kantor Kemnaketrans pada Rabu (4/6).

Namun Muhaimin ada satu programnya yang tidak mencapai target dan mendapat nilai merah dari UKP4, yakni rencana aksi penyempurnaan keterbukaan informasi tata kelola hutan dan lahan gambut. “Sedangkan yang lainnya hijau semua. Bahkan ada yang biru. Soal lahan gambut kita memang terkendala dengan sistem informasi di daerah-daerah transmigrasi saja, “ kata Muhaimin.

Untuk hubungan industrial yang melibatkan pengusaha dan pekerja, Kemenakertrans  mendapatkan nilai hijau alias baik. Muhaimin pun mengaku akan berupaya memperbaiki penilaian UKP4 yang merah.

Muhaimin menjelaskan dalam rencana aksi tahun 2014, UKP4 melakukan monitoring terhadap lima kegiatan Kemnakertrans yang terdiri 1 kegiatan lanjutan sebagai tindaklanjut inpres 6/2013 tentang Penundaan Pemberian Izin baru dan Penyempurnaan tata Kelola Hutan Alam Primer dan Lahan Gambut serta Rencana Miningkatkan Kemudahan Berusaha di Indonesia.

Sedangkan empat kegiatan baru lainnya yang dimonitor adalah program prioritas nasional sebagai tindak lanjut inpers 1 tahun 2014 tentang Gangguan Keamanan Dalam Negeri dan inpres 2 tahun 2014 tentrang aksi pencegahan dan pemberantasan korupsi serta gerakan menuju satu peta.

Dari keseluruhan lima kegiatan rencana aksi itu, UKP4 melakukan penilaian terhadap 15 aspek. Hasilnya, Kemnakertrans berhasil memperoleh 12 notasi warna hijau yang berarti capaian kinerja tercapai 80- 100 persen, 1 notasi  warna Biru yang berarti melebihi target capaian yaitu 101 persen, 1 notasi warna kuning yang berarti  mencapai kinerja 75 persen dan hanya 1 notasi merah dengan raihan target sebanyak 30 persen.

“Dari data monitoring kinerja yang dilakukan UKP4 itu terlihat jelas bahwa kinerja Kemnakertans itu sudah baik, hanya 1 aspek penilaian saja yang merah, sedangkan 12 aspek raportnya hijau yang berarti baik, 1 aspek kuning  dan 1 aspek berhasil melampaui target,” kata Muhaimin.

MENTERI Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Muhaimin Iskandar mengklaim berdasarkan  hasil monitoring pada triwulan pertama tahun

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News