Muhibah Budaya Jalur Rempah 2022 Tiba di Makassar

Muhibah Budaya Jalur Rempah 2022 Tiba di Makassar
Penyambutan KRI Dewaruci di Makassar, Muhibah Budaya Jalur Rempah 2022. Foto: Dokumentasi Muhibah Budaya Jalur Rempah

jpnn.com, MAKASSAR - Muhibah Budaya Jalur Rempah 2022 tiba di Makassar. Sebanyak 37 Laskar Rempah tiba di Bandara Sultan Hasanuddin, Jumat (3/6).

Sebelumnya, para Laskar Rempah mengunjungi Surabaya, Jawa Timur.

Laskar Rempah langsung menuju ke LPMP Makassar untuk mengikuti serangkaian kegiatan pembukaan dan pembekalan sebelum berlayar.

Hari kedua, peserta menuju ke Pelabuhan Soekarno-Hatta untuk menyambut kedatangan KRI Dewaruci dan Laskar Rempah batch pertama yang sebelumnya telah berlayar dari Surabaya, 1 Juni 2022.

Peserta disambut dengan atraksi seni Angngaru dan Ganrang Bulo, ritus khas Makassar yang digunakan untuk upacara penyambutan dan penghormatan kepada tamu. Tarian ini menjadi representasi masyarakat Makassar yang egaliter dan terbuka terhadap budaya baru.

Kegiatan dilanjutkan dengan sharing session antara Laskar Rempah yang telah berlayar dengan peserta yang akan berlayar esok hari.

Sebelum berlayar, peserta melakukan kunjungan budaya untuk napak tilas jejak perdagangan rempah masa lampau yang terjadi di Makassar. Mereka diberikan pemahaman dan kesadaran Jalur Rempah dengan diskusi-diskusi mendalam di Museum Karaeng Pattingalloang, Museum Balla Lompoa, Makam Sultan Hasanuddin, Kompleks Makam Raja-Raja Tallo, Kelenteng Thian Ho Kong, Museum Kota Makassar, dan Museum La Galigo.

Malam harinya, peserta menyaksikan pemutaran film dan diskusi terkait sosok Karaeng Pattingalloang, tokoh intelektual asal Makassar yang paling berpengaruh pada era perdagangan rempah. Kegiatan dilanjutkan dengan gala dinner bersama Gubernur Sulawesi Selatan di Rumah Jabatan Gubernur.

Setelah Surabaya, Makassar menjadi titik kedua dalam Muhibah Budaya Jalur Rempah 2022.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News