MUI Imbau Jangan Terprovokasi Pernyataan Victor Laiskodat

MUI Imbau Jangan Terprovokasi Pernyataan Victor Laiskodat
Majelis Ulama Indonesia. Foto: MUI

jpnn.com, JAKARTA - Majelis Ulama Indonesia (MUI) ikut bereaksi dengan adanya pidato dari salah seorang politisi Partai Nasdem Victor Laiskodat yang oleh sejumlah kalangan dinilai menimbulkan polemik dan berpotensi menimbulkan kegaduhan.

Masyarakat diminta tidak terpancing dan melontarkan kalimat adu domba.

"Kami mengimbau kepada semua pihak untuk menahan diri dan tidak terpancing memberikan pernyataan yang bisa memanaskan situasi," kata Waketum MUI Zainut Tauhid Sa'adi dalam pernyataan resminya, Senin (7/8).

Zainut menambahkan, pernyataan berbau provokasi bisa mengadu domba antargolongan dan kelompok masyarakat, khususnya antarumat beragama di Indonesia.

Sebab dikhawatirkan mengganggu harmoni kehidupan antarumat beragama yang sudah terbangun dengan baik, rukun, aman, dan damai.

"MUI mengimbau kepada semua pihak khususnya para elit politik hendaknya masalah tersebut segera diselesaikan lewat pendekatan musyawarah dengan mengedepankan semangat kenegarawanan, kekeluargaan dan persaudaraan kebangsaan. Sehingga persoalannya tidak semakin meluas dan melebar," tuturnya.

Jika dalam musyawarah antarelit politik tidak dicapai kata sepakat, maka MUI menganjurkan agar penyelesaian ditempuh melului jalur hukum, karena jalur hukum adalah pilihan yang terhormat dan beradab.

MUI juga mengimbau kepada semua umat beragama, khususnya umat Islam untuk tidak terpengaruh dan terprovokasi dengan hal tersebut.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) ikut bereaksi dengan adanya pidato dari salah seorang politisi Partai Nasdem Victor Laiskodat yang oleh sejumlah kalangan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News