MUI Imbau Khatib Salat Id Selipkan Doa untuk Kedamaian Bangsa

MUI Imbau Khatib Salat Id Selipkan Doa untuk Kedamaian Bangsa
Asrorun Ni’am Sholeh: MIFTAHULHAYAT/JAWA POS

jpnn.com, JAKARTA - Majelis Ulama Indonesia (MUI) memberikan imbauan kepada para khatib yang akan memberikan khutbah salat Idulfitri. Yakni mengajak para jemaah untuk bersama-sama mendoakan kedamaian bangsa.

MUI Pusat juga memberikan ucapan selamat kepada umat islam yang akan menyongsong Idulfitri.

"Jangan lupa menunaikan kewajiban-kewajiban lain seperti zakat fitrah dan juga zakat mal," kata Asrorun Niam Sholeh, Sekretaris Komisi Fatwa MUI, Selasa (4/6).

Baca: Penumpang Lion Air Pembawa Senpi Rakitan Ternyata Pernah Diciduk Kasus Narkoba

MUI mengharapkan para khatib idulfitri menyelipkan doa dalam khutbahnya, untuk kedamaian dan kemaslahatan bangsa, serta tetap terpeliharanya keamanan, kenyamanan, serta jauh dari rasa permusuhan yang bisa mengoyak kebersamaan sebagai bangsa.

"Khatib juga diharapkan mendoakan para pemimpin bangsa untuk terus diberi kekuatan untuk membangun bangsa. Para elitnya diberi kekuatan untuk membangun kebersamaan dan menahan diri dari perpecahan," terang dia.

Niam juga memaparkan bahwa hakikat idulfitri adalah kesediaan untuk berbagi, berbagi permaafan sebelum orang memintanya.

"Saling memaafkan adalah kunci untuk merajut tali silatuurahmi. Hakikat silaturahmi adalah menyambungkan tali persaudaraan yang pernah terputus. Terputus karena jarak, karena kesalahpahaman, karena pemilu, dan karena sebab apapun. Kita wajib menyambung kembali untuk mewujudkan persaudaraan sejati, tanpa iri dan caci maki," ungkapnya.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) memberikan imbauan kepada para khatib yang akan memberikan khutbah salat Idulfitri. Yakni mengajak para jemaah untuk bersama-sama mendoakan kedamaian bangsa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News