MUI Serukan Pemberian Sanksi Internasional terhadap Israel

MUI Serukan Pemberian Sanksi Internasional terhadap Israel
Seorang warga Palestina berdoa sementara polisi Israel berkumpul setelah bentrokan di kompleks Masjid Al Aqsa, di Yerusalem, (7/5/2021). Bentrokan tersebut imbas ketegangan di Yerusalem yang meningkat karena warga Palestina memprotes pembatasan akses Israel ke beberapa bagian Kota Tua Yerusalem selama bulan suci Ramadhan dan beberapa keluarga Palestina diperintahkan untuk meninggalkan rumah mereka, untuk memberi jalan bagi pemukim Israel. ANTARA FOTO/REUTERS / Ammar Awad/aww.

jpnn.com, JAKARTA - Tindakan Israel menyerang warga Palestina di Masjidilaqsa, Jumat (8/5), menuai kecaman, termasuk dari Indonesia.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyerukan kepada seluruh negara untuk memberikan penekanan terhadap Israel agar dijatuhi sanksi internasional.

Ketua MUI Bidang Hubungan Luar Negeri dan kerjasama Internasional Sudarnoto Abdul Hakim mengatakan langkah empati dan konstruktif ini juga bisa dilakukan oleh negara-negara Uni Eropa dan lain lain.

"Secara bersama-sama, negara-negara ini bisa melakukan tekanan internasional terhadap Israel melalui PBB (Perserikatan Bangsa Bangsa). Apabila diperlukan, Israel diberi sanksi internasional," ujar Sudarnoto dalam keterangannya, Sabtu (8/5).

Seperti diketahui, polisi Israel pada Jumat (7/5), menembakkan peluru karet dan granat kejut ke arah pemuda Palestina di Masjidilaqsa Yerusalem di tengah kemarahan yang meningkat atas potensi penggusuran warga Palestina dari tanah yang diklaim para pemukim Yahudi.

Sedikitnya 205 warga Palestina dan 17 petugas terluka dalam bentrokan malam hari di situs paling suci ketiga Islam dan di sekitar Yerusalem Timur, kata petugas medis Palestina dan polisi Israel.

Ribuan warga Palestina berhadapan dengan beberapa ratus polisi Israel dalam perlengkapan anti-huru hara. Ketegangan telah meningkat di Yerusalem dan Tepi Barat yang diduduki selama bulan suci Ramadan.

Bentrokan terjadi setiap malam di Sheikh Jarrah di Yerusalem Timur, kawasan tempat banyak keluarga Palestina menghadapi penggusuran dalam kasus hukum yang sudah berjalan lama.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyerukan kepada seluruh negara untuk memberikan penekanan terhadap Israel agar dijatuhi sanksi internasional. Tindakan Israel menyerang warga Palestina di Masjidilaqsa menuai kecaman.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News