Mulai Dibangun 4.000 Rumah Darurat

Mulai Dibangun 4.000 Rumah Darurat
Mulai Dibangun 4.000 Rumah Darurat
PADANG -- Lembaga Kemanusiaan Nasional Pos Keadilan Peduli Umat (PKPU) telah menyiapkan anggaran sebesar Rp18 miliar untuk biaya pembangunan 4.000 rumah darurat bagi korban gempa di Sumatera Barat. Dana sebesar itu terhimpun dari sejumlah dermawan dan donatur PKPU serta mitra PKPU, salah satunya Human Appeal International (HAI) Australia. Rumah darurat itu ukurannya 3x6 meter dan tinggi 2,30 meter yang  terdiri dari ruang tamu, ruang tidur, dan dapur.

Setiap unit rumah pembangunannya dianggarkan Rp4,5 juta, yang masing-masih akan dikerjakan dalam waktu 2,5 jam. Dana yang sudah terkumpul juga akan dipergunakan untuk membangun dapur umum di setiap titik gempa.

Manajer Rescue PKPU Muhammad Yasin menjelaskan, pembangunan rumah darurat akan dilakukan secara bertahap selama dua bulan ke depan dan kini pembangunannya sudah dimulai. Rumah tersebut merupakan rumah sementara, sambil menunggu para korban membangun kembali rumah-rumah mereka.

"Rumah tersebut bisa ditempati selama satu tahun dengan bahan tahan gempar lantai dipelur, dinding dari terpal tebal dan kayu, serta ventilasi yang baik. Untuk awal, kita bangun 50 rumah darurat yang lokasinya di pinggir jalan," papar Muhammad Yasin di Posko Utama PKPU di Kompleks Pelangi Indah, Blok A3 No 5, Korong Gadang, Kuranji, Padang, kemarin.

PADANG -- Lembaga Kemanusiaan Nasional Pos Keadilan Peduli Umat (PKPU) telah menyiapkan anggaran sebesar Rp18 miliar untuk biaya pembangunan 4.000

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News