Mulai Hari Ini Penyekatan Berlaku di Dua Sisi Jembatan Suramadu

Mulai Hari Ini Penyekatan Berlaku di Dua Sisi Jembatan Suramadu
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi bersama Bupati Bangkalan R Abdul Latif saat meninjau pos penyekatan Suramadu, Rabu (16/6) malam. Foto: Humas Pemkot Surabaya

jpnn.com, SURABAYA - Usai terpaan isu diskriminasi terhadap warga Madura, penyekatan dan tes swab massal di Jembatan Suramadu akhirnya dilakukan dua arah, yang berlaku hari ini, Kamis (17/6).

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan pengendara dari Madura yang menuju Surabaya akan dites swab Covid-19, begitu juga sebaliknya.

Penyekatan di sisi Bangkalan akan dilakukan oleh bupati, pihaknya juga akan memberikan bantuan jika diperlukan.

"Surabaya nanti membantu ketika yang dari Bangkalan sudah tidak mampu, yang selain pelat M (Madura, red) kita lakukan (swab)," ujar Eri, Rabu (16/6) malam.

Eri menyebut bahwa Bangkalan dan Surabaya harus dijaga keutuhannya bersama-sama. Penyekatan dan swab di dua sisi untuk menghindari rasa diskriminasi terhadap warga Madura.

"Inilah kebersamaan antara (pemerintah) Provinsi Jatim, Surabaya dan Bangkalan," tutur dia.

Mantan Kepala Bapekko itu mengatakan petugas penyekatan dan swab antigen dari Pemkot dan Polres Pelabuhan Tanjung Perak akan dibagi dua di pintu masuk dan keluar Jembatan Suramadu.

"Tugas kami yang utama adalah menjaga Madura, menjaga dari (pengendara, red) yang mau masuk ke Bangkalan. Itu yang kami lakukan," kata dia.

Warga Madura yang akan ke Surabaya dan sebaliknya mulai hari ini akan melewati pos penyekatan dan menjalani tes swab Covid-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News