Mulai Presiden Hingga Kuli Bangunan, Ini Orang-orang yang Pernah 'Dibantu' OC Kaligis

Mulai Presiden Hingga Kuli Bangunan, Ini Orang-orang yang Pernah 'Dibantu' OC Kaligis
OC Kaligis. FOTO: dok

jpnn.com - JAKARTA - Jika ucapan O.C. Kaligis akan menutup kantor lawyer-nya betul-betul terwujud, itu menjadi kabar yang menggegerkan dunia pengacara Indonesia. Bagaimana tidak, O.C. Kaligis bisa disebut sebuah ikon di dunia lawyer tanah air.

Sudah ribuan perkara ditangani bendera O.C. Kaligis & Associates. Latar belakang manusia yang dibelanya juga amat beragam. Dia pernah mendampingi mantan presiden hingga kuli bangunan.

Beberapa kasus besar yang pernah ditangani Kaligis adalah kasus pencemaran nama baik RS Omni Tangerang dengan terdakwa Prita Mulyasari; skandal video porno mirip artis Ariel Peterpan, Luna Maya, dan Cut Tari; serta kasus suap wisma atlet M. Nazaruddin. Mantan Presiden H M. Soeharto dan B.J. Habibie juga pernah menjadi kliennya. Demikian pula artis-artis terkenal seperti Lydia Kandou, Onky Alexander, dan Zarima.

Kasus yang ditanganinya tidak hanya terbatas di Indonesia. Kaligis pernah menangani kasus-kasus di luar negeri seperti Garnett Investment di Guernsey, Swiss; Sonira Foundation di Liechtenstein; serta Moh. Said (pilot Garuda) di Belanda.

O.C. Kaligis mengaku sejak dirinya ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK, karirnya terjun bebas. Kini tidak ada orang yang memakai jasa firma hukum (law firm) bentukannya itu. "Hancur saya punya karir," ucapnya lirih.

Minimnya klien yang memakai jasa kantornya membuat Kaligis berniat menutup kantornya. Pria yang pernah menulis perjalanan karirnya dengan judul Manusia Sejuta Perkara itu mengatakan dalam waktu dekat akan mengutarakan niatnya tersebut ke seluruh anak buahnya. (aph/kim)

JAKARTA - Jika ucapan O.C. Kaligis akan menutup kantor lawyer-nya betul-betul terwujud, itu menjadi kabar yang menggegerkan dunia pengacara Indonesia.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News