Muncul Varian Omicron di Negara Tetangga, Ganjar Langsung Minta Deteksi Dini di Jateng

Muncul Varian Omicron di Negara Tetangga, Ganjar Langsung Minta Deteksi Dini di Jateng
Gubernur Ganjar Pranowo di kantornya. Foto: IG @ganjarpranowo

jpnn.com, SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menegaskan sampai saat ini belum terdeteksi adanya varian baru Covid-19 di Jawa Tengah.

Meski demikian, dia tetap meminta semua pihak waspada dan tidak boleh menyepelekan.

"Saya minta setiap ambil sampel kita langsung bawa sampelnya untuk dites dengan whole genome sequencing. Kenapa menjadi penting karena ini bisa menjadi deteksi sejak dini. Alhamdulillah, sampai akhir kemarin hasil tes semua varian yang ditemukan masih delta, yang baru belum ditemukan," kata Ganjar saat ditemui di Kantor Gubernur Jawa Tengah.

Ganjar menjelaskan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah sudah diminta tidak berhenti mengambil sampel secara random untuk dites whole genome sequencing.

"Kami sudah punya alat sendiri, sudah beli sendiri. Jadi saya minta untuk diambil sampel-sampel secara random dan terus-menerus. Tidak boleh berhenti sehingga nanti diharapkan kita bisa membantu deteksi (varian baru) secara dini," jelasnya.

Terkait potensi masuknya varian baru Covid-19, Ganjar mengapresiasi kepada pemerintah pusat yang sudah melakukan langkah pencegahan.

Misalnya tidak menerima tamu, kawan, dan mungkin juga keluarga dari daerah atau negara-negara tertentu yang terdapat varian baru.

"Ini tentu saja cara pencegahan yang sangat bagus. Saya berterima kasih kepada pemerintah pusat," katanya.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta semua pihak waspada dan tidak boleh menyepelekan varian baru covid-19 Omicron.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News