Mungkinkah Taliban Sudah Berubah? Panglima Militer Inggris Memilih Husnuzan

Mungkinkah Taliban Sudah Berubah? Panglima Militer Inggris Memilih Husnuzan
Panglima militer Inggris Jenderal Nick Carter di London, Maret 2020. Foto: ANTARA/Reuters

jpnn.com, LONDON - Panglima militer Inggris Nick Carter memilih husnuzan alias berbaik sangka kepada kelompok Taliban yang kini berkuasa di Afghanistan. Menurut dia, mereka layak diberi kesempatan untuk membentuk pemerintahan baru di Afghanistan.

Menurut Jenderal Carter, dunia nanti akan mengetahui apakah kelompok pemberontak yang dalam beberapa dekade telah dicap oleh Barat sebagai kalangan Islam garis keras itu bisa bersikap lebih rasional.

Taliban sendiri sudah memberi sinyal bahwa mereka sudah berubah dibanding saat pertama kali mengambil alih pemerintahan Afghanistan pada awal dekade '90an silam.

Pejabat kelompok islamis itu mengatakan, para pemimpin Taliban akan menunjukkan diri mereka kepada dunia.

Carter mengatakan dirinya sudah berkomunikasi dengan mantan presiden Afghanistan Hamid Karzai yang disebutnya akan bertemu dengan Taliban pada Rabu.

"Kita harus sabar, kita harus menahan diri dan kita harus memberi mereka ruang untuk membentuk pemerintahan dan kita harus memberi mereka ruang untuk menunjukkan mandat mereka," kata Carter kepada BBC.

"Mungkin saja Taliban yang sekarang berbeda dari Taliban yang dulu diingat orang dari tahun 1990-an."

"Nanti kita akan tahu, jika kita memberi mereka ruang, bahwa Taliban ini tentunya lebih masuk akal namun apa yang harus kita ingat adalah bahwa mereka bukan organisasi yang homogen - Taliban adalah kelompok para tokoh adat yang beragam dan berasal dari seluruh daerah pedesaan Afghanistan."

Panglima Militer Inggris mengakui ada kemungkinan bahwa Taliban yang dulu bukanlah yang sekarang

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News