Museum Kars Indonesia, Terbesar dan Terlengkap, tapi Sulit Diakses

Sejarah Sungai Bengawan Solo Purba Juga Tersedia

Museum Kars Indonesia, Terbesar dan Terlengkap, tapi Sulit Diakses
KARS UNTUK KEHIDUPAN: Suasana musium Kars Indonesia di Desa Gebang Harjo kecamatan Pracimantoro, Wonogiri Jawa Tengah dengan patung manusia purba prasejarah yang memperlihatkan aktifitas mereka di dalan goa. Foto: Guslan Gumilang/Jawa Pos
Bangunan cantik, fasilitas oke, sajian pengetahuannya lengkap, gratis pula. Sayang, tak mudah menjangkau Museum Kars Indonesia di Wonogiri. Tak ada kendaraan umum yang melayani rute ke sana.

ANGGIT SATRIYO NUGROHO, Wonogiri

PRASETYONINGSIH menyambut seorang tamunya siang itu dengan ramah. Sembari menjelaskan asal muasal pegunungan kapur di wilayahnya tinggal, dua tangannya menekan tombol. Tak lama kemudian lampu-lampu LED menyala di sebuah diorama yang menggambarkan Pulau Jawa.

"Ini kars Pegunungan Sewu yang terletak di wilayah kami, Wonogiri," kata Prasetyoningsih lantas tersenyum.

Mengutip Wikipedia, kars adalah sebuah bentuk permukaan bumi yang pada umumnya dicirikan dengan adanya depresi tertutup (closed depression), drainase permukaan, dan gua. Daerah ini dibentuk terutama oleh pelarutan batuan, kebanyakan batu gamping.

Bangunan cantik, fasilitas oke, sajian pengetahuannya lengkap, gratis pula. Sayang, tak mudah menjangkau Museum Kars Indonesia di Wonogiri. Tak ada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News