Nadiem Makarim: Anak-Anak Indonesia Harus Bahagia, Nyaman dan Aman

Nadiem Makarim: Anak-Anak Indonesia Harus Bahagia, Nyaman dan Aman
Mendikbudristek Nadiem Makariem mengatakan anak Indonesia harus memiliki profil pelajar Pancasila, harus bahagia, nyaman dan aman. Ilustrasi Foto: Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim mengatakan 6 profil Pelajar Pancasila merupakan bekal untuk menggapai cita-cita di masa depan, sesuai minat, dan potensi adik-adik. 

Menurut Nadiem, sesuai dengan semangat Merdeka Belajar, sekarang tidak ada batasan lagi untuk bermimpi.

"Namun, adik-adik juga harus terus semangat untuk belajar dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Menteri Nadiem dalam rangkaian peringatan Hari Anak Nasional (HAN), Rabu (5/7).

Sementara itu, mengutip pesan Ki Hadjar Dewantara, Sekretaris Jenderal (Sesjen) Kemendikbudristek, Suharti mengatakan belajar itu harus memerdekakan manusia.

Memerdekakan yang dimaksud adalah belajar dengan raga yang bebas dan jiwa yang bahagia.

"Artinya, ketika adik-adik belajar seharusnya merasa bahagia, nyaman, aman, dan antusias,” jelasnya.

Suharti mengingatkan generasi muda untuk rajin memotivasi diri dengan hal-hal yang baik. Kemudian, gali bakat dan minat masing-masing.

Hal pertama yang harus dilakukan oleh generasi muda, kata Suharti adalah memotivasi dari dalam diri sendiri untuk mengetahui apa bakat dan minat yang dimiliki. 

Mendikbudristek Nadiem Makarim mengatakan anak Indonesia harus memiliki profil pelajar Pancasila, harus bahagia, nyaman dan aman

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News