JPNN.com

Nadiem Makarim Ingin Ada 250 Ribu Guru Penggerak

Senin, 25 November 2019 – 13:40 WIB Nadiem Makarim Ingin Ada 250 Ribu Guru Penggerak - JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Mendikbud Nadiem Makarim ingin dari 250 ribu sekolah yang ada, masing-masing memiliki satu guru penggerak.

Guru penggerak itu yang selalu mengutamakan muridnya dibanding urusan lain, termasuk urusan kariernya.

"Seorang guru penggerak akan memgambil tidakan tanpa disuruh, tanpa diperintah untuk melakukan terbaik untuk muridnya. Bahkan ada juga yang namanya orang tua penggerak. Itu juga sama, semua terbaik untuk anak," kata Nadiem usai upacara Hari Guru Nasional (HGN) di Kantor Kemendikbud, Senin (25/11).

Pemerintah, kata Nadiem, akan bisa membantu memerdekan guru-guru penggerak ini untuk melakukan berbagai macam inovasi. Yang ditekankan juga, bahwa tidak semua inovasi bisa berhasil.

“Itu yang namanya kunci inovasi, kita coba ekperimen. Mungkin tidak terlalu berhasil tetapi terus mencoba apa yang bisa untuk sekolah dan lingkungan kita,” ujarnya.

"Saya belum tahu jumlah guru penggerak yang dibutuhkan, tergantung ada berapa yang siap maju dan bergerak ya. Paling tidak kalau di setiap sekolah ada satu guru penggerak berati nanti kita punya 250 ribu," terangnya.

Dia berharap, target itu bisa didapatkan dalam lima tahun ke depan. Sebab, para guru ini harus menyadari dulu apa sih perannya penggerak dan Kemendikbud mesti membantu mereka.

Selain itu, dari sisi regulasi dan birokrasi harus dibantu juga. Apa saja aturan regulasi dan kebijakan yang mungkin tidak memberikan mendukung inovasi dan ruang gerak yang baik. (esy/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...