Nadiem Makarim Ingin Kurangi Beban Guru

Nadiem Makarim Ingin Kurangi Beban Guru
Mendikbud Nadiem Makarim saat HGN 2019. Foto dok humas

jpnn.com, JAKARTA - Ada yang berbeda dengan upacara Hari Guru Nasional (HGN) 2019. Kali ini Mendikbud Nadiem Makarim mengajak peserta untuk menyimak video pidato HGN yang telah disiapkan. Video tersebut juga bisa disimak melalui kanal media sosial Kemendikbud.

Dia menyampaikan apresiasi atas gotong royong pemajuan pendidikan di tanah air.

"Apresiasi saya yang sebesar-besarnya kepada seluruh jajaran pemerintahan, baik Kemendikbud dan pemerintah pusat, maupun dinas pendidikan di seluruh Indonesia, atas pelaksanaan program-program selama lima tahun terakhir yang sudah berdampak positif terhadap pendidikan di nusantara," tuturnya saat upacara HGN 2019, Senin (25/11).

Dia berpesan agar para guru bisa mulai melakukan perubahan kecil di kelas yang mendorong inovasi pembelajaran. "Perubahan adalah hal yang sulit dan penuh ketidaknyamanan. Satu hal yang pasti, saya akan berjuang untuk kemerdekaan belajar di Indonesia," ucapnya.

"Apapun perubahan kecil itu, jika setiap guru melakukannya secara serentak, kapal besar bernama Indonesia ini pasti akan bergerak," tambah Nadiem.

Dua hal pokok ditekankan Nadiem dalam pidato HGN 2019 yang disampaikannya, yaitu kemerdekaan dalam belajar dan reformasi pendidikan dimulai dari pergerakan para guru.

"Hari Guru Nasional ini suatu hari yang bermakna. Karena tidak ada artinya apapun reformasi pendidikan tanpa pergerakan guru. Guru adalah mulainya dan akhirnya, ada di guru. Itu sebenarnya esensi pidato hari ini," ungkap Nadiem Makarim.

Dia berjanji untuk membantu mewujudkan kemerdekaan dalam belajar. Unit pendidikan, yaitu sekolah, kemudian guru, dan muridnya memiliki kebebasan untuk berinovasi, belajar dengan mandiri, dan kreatif.

Dua hal pokok ditekankan Nadiem Makarim dalam pidato HGN 2019 yang disampaikannya, yaitu kemerdekaan dalam belajar dan reformasi pendidikan dimulai dari pergerakan para guru.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News