Nadiem Makarim mendengarkan masukan mahasiswa soal Kampus Merdeka, Lalu...

Nadiem Makarim mendengarkan masukan mahasiswa soal Kampus Merdeka, Lalu...
Mendikbudristek Nadiem Makarim mendengarkan masukan dari mahasiswa soal program Kampus Merdeka. Foto Humas Kemendikbudristek

jpnn.com, JAKARTA - Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim berdialog dengan civitas academica Universitas Negeri Manado (Unima).

Dia mendengarkan cerita sekaligus masukan dari mahasiswa mengenai program-program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). 

Dalam dialog tersebut, Mendikbudristek memotivasi para mahasiswa agar jangan mudah menyerah dalam mendaftar dan menjalani program MBKM. 

“Apa pun tantangannya, jangan biarkan pengalaman sekali dalam seumur hidup di program MBKM jadi telantar hanya karena cengeng,” kata Mas Nadiem, sapaan Mendikbudristek di Aula Training Center Unima, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara, Jumat (6/1). 

Dia mengatakan program MBKM memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mencari pengalaman di dunia nyata.

Mahasiswa jadi berlatih untuk lebih percaya diri, keluar dari zona nyaman, dan melakukan kolaborasi dengan pihak lain.

Hal tersebut diakui Christy Rombon, mahasiswa program studi Psikologi Unima yang menjadi peserta program Kampus Mengajar angkatan 4.

Christy menjadi tenaga pengajar di SD Katolik 1 Taratara, Kota Tomohon, selama kurang lebih lima bulan bersama mahasiswa dari program studi lain di dalam satu kelompok.

Mendikbudristek Nadiem Makarim mendengarkan masukan mahasiswa soal Kampus Merdeka

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News