Nadiem Makarim Semringah Rayakan Imlek

Nadiem Makarim Semringah Rayakan Imlek
Mendikbud Nadiem Makarim saat merayakan Imlek. Foto: humas Kemendikbud

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk pertama kalinya menyelenggarakan perayaan Imlek bersama di Plaza Insan Berprestasi, Kantor Kemendikbud, Senayan, Jakarta, Kamis (6/2).

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menyatakan, salah satu alasan merayakan Imlek adalah agar masyarakat dapat mengenal dan menghargai sejarah budaya di Indonesia yang juga dipengaruhi antara lain oleh budaya etnis Tionghoa. 

“Kemendikbud ingin meyakinkan masyarakat bahwa setiap kali kita merayakan hari libur nasional dari berbagai agama, suku, tradisi masing-masing bukan hanya untuk dirayakan bagi suku atau agama tersebut. Kali ini di kantor Kemendikbud turut serta merayakan Imlek,” kata Nadiem saat memberikan sambutan pada perayaan Imlek 2571/2020 dengan wajah semringah.

Lebih lanjut, dia menyampaikan arti penting kebhinekaan untuk kemajuan Indonesia. Persoalannya adalah sejauh mana kita mampu berinteraksi dan memanfaatkan ragam budaya yang ada untuk memajukan kepentingan nasional, mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur. 

Menurut Nadiem, kebudayaan nasional Indonesia kaya karena adanya interaksi antarbudaya, termasuk interaksi dengan budaya yang datang dari luar kawasan Indonesia. Tradisi dan adat kita merupakan asimilasi, diserap dan dimodifikasi dari berbagai budaya asing, termasuk Budaya Tionghoa. Interaksi antara Tionghoa dan Nusantara sejak abad ke-4 Masehi ikut membentuk watak budaya Indonesia.

Menutup sambutannya, Mendikbud mengucapkan Selamat Tahun Baru Imlek 2571. “Gong Xi Fa Chai, Xin Nian Kuai Le (Selamat Sejahtera, Selamat Tahun Baru),” ujar Mendikbud.

Perayaan Imlek bersama di Kemendikbud mengangkat tema “Merawat Kebinekaan, Menjaga Ke-Indonesiaan”. Budi Santoso Tanuwibowo, Ketua Umum Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia (Matakin) mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 

“Inilah fungsi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Bukan sekedar mengerti pengetahuan, tapi punya karakter dan punya kemampuan untuk mengerjakannya dengan baik,” ucap Budi.  (esy/jpnn)

Mendikbud Nadiem Makarim untuk pertama kalinya menyelenggarakan perayaan Imlek bersama di Plaza Insan Berprestasi, Kantor Kemendikbud, Senayan, Jakarta, Kamis (6/2).


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News