Naik Dua Truk, Puluhan Warga Demo Hasil Pilkades

Naik Dua Truk, Puluhan Warga Demo Hasil Pilkades
Ilustrasi. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com - JPNN.com - Puluhan warga desa Batupute di Barru, Sulawesi Selatan menggelar aksi demo di kantor pemerintahan desa (pemdes), Selasa (27/12) kemarin.

Pedemo yang berjumlah sekitar 30-an warga ini menumpangi dua truk. Mereka berunjuk rasa dan berorasi. Warga curiga ada kecurangan saat pemilihan kepala desa (pilkades) serentak. Diduga, mereka adalah kubu salah satu calon kepala desa yang kalah.

Dalam orasinya, Koordinator Aksi, Mallombassi menilai pilkades Batupute sarat dengan kecurangan. Indikasinya, 640 suara yang dianggap batal sudah patut dicurigai. ”Ada apa di balik suara batal sebanyak itu. Perhitungan suara yang dilakukan panitia hingga larut malam, merupakan akumulasi dari ketidakjujuran pelaksanaan pilkades,” protes Mallombassi, seperti dikutip dari Berita Kota Makassar, Selasa (27/12).

Kepala Bagian Pemdes Pemkab Barru, Syamsuddin mengatakan, jalur demo semestinya melalui prosedur. "Pihak yang keberatan semestinya mengajukan protes ke Badan Perwakilan Desa (BPD). Nanti kalau di BPD tidak ada penyelesaian baru ke Pemdes,” kata Syamsuddin. (rusdi/jpnn)

JPNN.com - Puluhan warga desa Batupute di Barru, Sulawesi Selatan menggelar aksi demo di kantor pemerintahan desa (pemdes), Selasa (27/12) kemarin.


Redaktur & Reporter : Adek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News