Minggu, 18 November 2018 – 13:30 WIB

Naik Turun Tangga, Ritual Pemadam Kebakaran AS setiap 9/11

Kamis, 13 September 2018 – 18:00 WIB
Naik Turun Tangga, Ritual Pemadam Kebakaran AS setiap 9/11 - JPNN.COM

jpnn.com, GEORGIA - Dua personel pemadam kebakaran itu mengundang perhatian seluruh pengunjung gym Planet Fitness di Warner Robins, Negara Bagian Georgia, Amerika Serikat (AS). Dalam balutan seragam lengkap, dua pria itu menuju StairMaster. Tepat pukul 08.46 waktu setempat, alat kebugaran berwujud tangga tersebut beroperasi. Dengan kompak, dua lelaki itu menaiki tangga StairMaster.

’’Mereka naik tangga sampai lantai 110, kemudian turun lagi,’’ tulis Chelsea Renee Farmer pada akun Facebook-nya Selasa (11/9). Salah seorang personel pemadam kebakaran itu bahkan menggendong tabung gas seberat 20 kilogram.

Sebenarnya apa yang sedang mereka lakukan? Apakah mereka kalah taruhan? Tidak. Dua personel pemadam kebakaran yang namanya tidak diketahui tersebut sedang menjalankan ritual tahunan. Namanya, Memorial Stair Climb. Itulah bentuk penghormatan Pemadam Kebakaran Kota Houston kepada para personel pemadam kebakaran yang gugur dalam misi penyelamatan korban tragedi 11 September alias 9/11.

CNN melaporkan, personel pemadam kebakaran termasuk yang paling sibuk mengevakuasi para korban dalam tragedi 17 tahun lalu tersebut. Mereka naik turun tangga gedung World Trade Center (WTC) yang ditabrak pesawat United Airlines. Umumnya, para personel pemadam kebakaran itu menjelajah 110 lantai. Kini angka itulah yang menjadi patokan Pemadam Kebakaran Kota Houston dalam ritual tahunannya.

Sekitar 343 nyawa personel Pemadam Kebakaran Kota New York melayang pada 11 September 2001. Di mata para personel pemadam kebakaran, 343 rekan seprofesi yang nahas tersebut adalah pahlawan. ’’Ritual itu mereka lakukan untuk memperingati 9/11 dan menghormati para pahlawan yang gugur,’’ ujar Farmer.

Sejauh ini video dua personel pemadam kebakaran yang melakukan ritual Memorial Stair Climb itu diapresiasi 100 ribu pengguna internet. Mereka memberikan like pada unggahan Farmer di Facebook-nya.

Jika dua personel pemadam kebakaran di Georgia itu mengenang rekan-rekan mereka lewat simulasi naik turun tangga, pasukan pemadam kebakaran di Kota Clayton, Negara Bagian Missouri, beda lagi. Setiap tahun saat peringatan 9/11 berlangsung, para personel pemadam kebakaran menaiki tangga dari gedung pencakar langit di wilayah mereka. Salah satunya, Pierre Laclede Building.

’’Mengenang mereka yang sudah meninggal dalam ritual tahunan adalah cara yang ampuh untuk membantu keluarga korban melewati masa duka,’’ kata Robert Pycior, anak seorang personel pemadam kebakaran yang menjadi korban 9/11. Kini, menurut Fox 2, Pycior tercatat sebagai petugas pemadam kebakaran di Negara Bagian New Jersey. (bil/c14/hep)

Sumber : Jawa Pos
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar