Selasa, 19 Desember 2017 – 01:31 WIB

Nakal! Eks Ketua Timses Trump Kembali Seranjang dengan Rusia

Rabu, 06 Desember 2017 – 06:39 WIB
Nakal! Eks Ketua Timses Trump Kembali Seranjang dengan Rusia - JPNN.COM

jpnn.com, WASHINGTON - Sejak namanya dikaitkan dengan skandal Amerika Serikat (AS)-Rusia, reputasi Paul Manafort hancur. Karir mantan ketua tim sukses Presiden Donald Trump dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2016 tersebut sebagai agen asing terancam. 

Belakangan dia merancang mekanisme penyelamatan muka. Sayangnya, lagi-lagi, Manafort melibatkan Rusia dalam upayanya menyelamatkan reputasi.

Kabarnya, pria 68 tahun itu mengontak seorang rekannya di Negeri Beruang Merah tersebut.

Rencananya, si rekan yang punya hubungan dekat dengan intelijen Rusia itu mengembalikan nama baik Manafort lewat media. Tepatnya tulisan opini di media internasional.

”Draf opini tersebut mulai dikerjakan selama sepekan terakhir,” kata salah seorang sumber Associated Press di FBI.

Konon, Manafort-lah yang merancang draf tersebut. Yakni, skenario untuk membebaskannya dari tuduhan pencucian uang dan penyalahgunaan wewenang saat menjadi pelobi Ukraina. Kemudian, dia mengirimkannya kepada rekannya di Rusia.

Selanjutnya, dengan bantuan intelijen, sang rekan menambahkan data dan bukti untuk memperkuat opini tersebut. Setelah tulisan itu sempurna, giliran seorang ghostwriter yang mengirimkannya ke media.

Dengan demikian, tulisan itu akan berfungsi sebagai pembanding sekaligus pembela bagi Manafort. Khususnya dalam skandal Ukraina pada 2004–2010.

Sumber : Jawa Pos
SHARES
loading...
loading...
Komentar