Nama M Taufiq dan Misan Samsuri Masuk Bursa Calon Penerus Anies Baswedan

Nama M Taufiq dan Misan Samsuri Masuk Bursa Calon Penerus Anies Baswedan
Warga Jakarta saat menyambut kedatangan Anies Baswedan sebagai Gubernur DKI. Foto : Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI pada 2024 nanti diperkirakan akan berlangsung dinamis.

Estafet kepemimpinan di ibu kota mensyaratkan sosok yang memiliki pemaknaan akan kota dan masyarakat Jakarta agar dapat meneruskan keberhasilan Anies.

Sebab, lima tahun Anies Baswedan menjadi gubernur DKI begitu banyak kemajuan di ibu kota, dibuktikan dengan banyaknya penghargaan yang diterima pemprov DKI serta kehidupan toleransi yang semakin tumbuh.

Oleh karenanya setelah Anies nantinya, gubernur baru harus memahami karakteristik Jakarta secara utuh dan menyeluruh agar berkesinambungan dengan pemimpin terdahulu.

“Anies Baswedan sebagai petahana memiliki peluang besar untuk dapat terpilih kembali. Namun, jalan menuju Calon Presiden (Capres) 2024 menurut saya lebih menarik baginya,” kata pengamat politik Universitas Nasional (Unas), Yusuf Wibisono di Jakarta, Senin (3/1).

Dia melihat, sebaiknya warga Jakarta memberi kepercayaan pada tokoh lokal, sebab kompleksitas Ibu Kota membutuhkan sosok yang langsung running setelah terpilih.

"Bagi calon-calon yang berasal dari luar Jakarta pasti membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan seluk beluk Jakarta, dan tak jarang melahirkan pandangan yang kurang tepat yang berimbas pada perlambatan kinerja” ujarnya.

Lebih lanjut, Yusuf mengatakan, Wakil Gubernur Ahmad Riza Patria (Ariza) dianggap tokoh yang paling berpeluang mengingat posisinya saat ini sebagai orang nomer dua di Jakarta.

Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI pada 2024 nanti diperkirakan akan berlangsung dinamis

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News