Nana Sudjana: Kemandirian Fiskal Jateng Cukup Baik

Nana Sudjana: Kemandirian Fiskal Jateng Cukup Baik
Penjabat Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana saat membuka Rakor Penyusunan Rencana Anggaran Pendapatan Provinsi Jateng Tahun Anggaran 2025 di Hotel Sunan, Kota Surakarta, Rabu (13/3). Foto: Humas Pemprov Jateng.

jpnn.com - SURAKARTAKemandirian fiskal Pemerintah Provinsi Jawa Tengah tergolong baik. Sebab, porsi pendapatan asli daerah (PAD) dalam beberapa tahun terakhir sudah lebih 50 persen dari total pendapatan daerah.

“Ini artinya bahwa kemandirian fiskal kita di Jateng ini, bisa dikatakan cukup baik," kata Penjabat Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana saat membuka Rakor Penyusunan Rencana Anggaran Pendapatan Provinsi Jateng Tahun Anggaran 2025 di Hotel Sunan, Kota Surakarta, Rabu (13/3).

Menurut Nana, untuk mempertahankan kondisi tersebut, perlu diupayakan skenario pembiayaan daerah yang menguntungkan.

Dia mengatakan bahwa pendapatan daerah tidak bisa menggantungkan dari PAD saja, tetapi juga dari sumber yang lain. 

Oleh karena itu, rakor pendapatan daerah tersebut menghadirkan seluruh pemangku kepentingan dengan harapan mampu berkolaborasi dalam penyusunan anggaran pendapatan yang lebih baik.

Nana menambahkan dalam upaya pencapaian taget pendapatan asli daerah, perlu mengembangkan budaya kerja sebagai entrepreneur. "Memang dalam hal ini kita tidak bisa bekerja sendiri, harus ada kerja sama dengan swasta," kata mantan Kapolda Metro Jaya itu.

Selain itu, lanjut Nana, profesionalisme organisasi perangkat daerah dalam mencapai PAD juga perlu ditingkatkan. Salah satu upaya yang bisa dilakukan ialah mengoptimalkan aset-aset yang dimiliki. (jpnn)

Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana menegaskan bahwa kemandirian fiskal di Jateng bisa dikatakan cukup baik.


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News