Nana Sudjana: Pengentasan Kamiskinan Jadi Prioritas Dalam Penyusunan APBD

Nana Sudjana: Pengentasan Kamiskinan Jadi Prioritas Dalam Penyusunan APBD
Penjabat Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana saat menyerahkan Bantuan Gubernur Tahun Anggaran 2024 kepada Pemerintah Kabupaten Purworejo di GOR Sarwo Edhie Wibowo, Purworejo, Senin (26/2/2024). Foto: Humas Pemprov Jateng

jpnn.com, PURWOREJO - Penjabat Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana meminta kepada pemerintah kabupaten/kota di wilayahnya untuk memprioritaskan pengentasan kemiskinan dalam penyusunan APBD.

“Ini pun kami lakukan di provinsi, yang menjadi priroritas utama adalah pengentasan kemiskinan dan ini berlaku juga untuk kabupaten/ kota,” kata Nana saat menyerahkan Bantuan Gubernur Tahun Anggaran 2024 kepada Pemerintah Kabupaten Purworejo di GOR Sarwo Edhie Wibowo, Purworejo, Senin (26/2/2024).

Nana mengapresiasi upaya pengentasan kemiskinan ekstrem yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Purworejo.

Sebab, sejak 2021 angkanya terus menunjukkan penurunan. Namun, untuk untuk angka kemiskinan diminta untuk terus digenjot, sebab angkanya masih sekitar 11,33.

Setiap tahun Pemprov Jateng memberikan bantuan keuangan kepada kabupaten/kota.

Bantuan tersebut antara lain diarahkan untuk penanggulangan kemiskinan. Tahun ini, Kabupaten Purworejo menerima bantuan Rp68,8 miliar.

Dari bantuan tersebut, bantuan penanggulangan kemiskinan antara lain untuk Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) sejumlah 681 unit sebesar Rp 13,6 miliar, Kelompok Usaha Bersama (KUBE) untuk 60 kelompok dengan total nilai Rp 1,2 miliar, Kartu Jateng Sejahtera untuk 495 penerima senilai hampir Rp 2,2 miliar, dan bantuan penanggulangan masalah gizi sebesar Rp 2,6 miliar.

Sementara itu, Bupati Purworejo Yuli Hastuti manyatakan dalam tiga tahun terakhir jumlah penduduk miskin ekstrem di Kabupaten Purworejo terus mengalami penurunan.

Penjabat Gubernur Jateng Nana Sudjana memintapemerintah kabupaten/kota di wilayahnya untuk memprioritaskan pengentasan kemiskinan dalam penyusunan APBD.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News