Rabu, 24 Juli 2019 – 10:06 WIB

Naomi Bersaksi Bagi Penjahat Perang

Kamis, 05 Agustus 2010 – 15:34 WIB
Naomi Bersaksi Bagi Penjahat Perang - JPNN.COM

Naomi Campbell. Foto : AFP

DEN HAAG - Supermodel asal Inggris, Naomi Campbell, hari ini muncul di Mahkamah Internasional di Belanda untuk bersaksi pada proses persidangan atas mantan Presiden Liberia, Charles Taylor, yang didakwa sebagai penjahat perang.

Campbell dipanggil untuk bersaksi apakah ia pernah menerima berlian dari Taylor setelah makan malam bertabur selebriti di Afrika Selatan pada tahun 1997. Sebelumnya, Taylor dituduh melakukan perdagangan berlian gelap demi membantu faksi pemberontak selama perang sipil yang berlangsung selama 11 tahun di Sierra Leone.

Di hadapan para hakim, Naomi mengaku melihat batu-batu kecil yang terlihat kotor. "Saya melihat beberapa batu, sangat kecil dan terlihat kotor," kata Naomi seperti dikutip REUTERS.

Namun model berkulit hitam itu mengaku tidak tahu dari mana batu-batu kotor yang ternyata berlian itu berasal. Sementara Taylor pernah menyampaikan bantahan soal tuduhan itu. "Omong kosong," kilah Taylor.

Sebelumnya, para hakim Mahkamah Internasional hari Selasa (3/8) lalu memerintahkan pengamanan khusus bagi Naomi. Bahkan pengadilan juga mengeluarkan larangan bagi para fotografer untuk mengambil gambar Naomi baik saat memasuki atau meninggalkan ruang sidang.

Keputusan hakim itu merupakan respon atas kekhawatiran Naomi terkait keamanan dan privasinya, terutama karena ketenarannya dan ketertarikan intens media massa terhadap dirinya.

Dalam keputusannya, Pengadilan menginstruksikan pihak berwenang untuk memastikan bahwa tidak ada satu pun foto, rekaman video atau bahkan sketsa Campbell di dalam atau di sekitar pengadilan.(ara/jpnn)
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar