Menapak Tilas Kehidupan Bung Karno, Ganjar Kunjungi Rumah Kelahiran Hingga Kamar Kos

Menapak Tilas Kehidupan Bung Karno, Ganjar Kunjungi Rumah Kelahiran Hingga Kamar Kos
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo napak tilas kehidupan Presiden Pertama RI Soekarno (Bung Karno) dalam kunjungannya ke Kota Surabaya, Jawa Timur (Jatim). Foto dok tim Ganjar

jpnn.com, SURABAYA - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menapak tilas kehidupan Presiden Pertama RI Soekarno (Bung Karno) dalam kunjungannya ke Kota Surabaya, Jawa Timur (Jatim).

Mantan anggota DPR ini mengunjungi tempat-tempat bersejarah tersebut sambil lari pagi.

Awalnya, Ganjar mulai berangkat lari pukul 06.00 WIB untuk mengunjungi rumah kelahiran Bung Karno di Jalan Pandean IV No.40 Peneleh, Genteng, Surabaya.

Kemudian, Ganjar melanjutkan olahraganya ke Jalan Pemeleh Gang VII No.29-31, Peneleh, Genteng.

Di sana, pria 54 tahun itu menyempatkan diri berkunjung ke Museum Hadjie Oemar Said (HOS) Tjokroaminoto, yang merupakan tempat kos sejumlah tokoh bangsa.

Adapun tokoh bangsa yang pernah kos di Tjokroaminoto yakni Bung Karno, Kartosoewirjo, Alimin, Musso, Semaoen, hingga Darsono.

"Tadi kami melihat rumah kelahiran Bung Karno. Habis itu Bung Karno pergi ke Sidoarjo terus sekolah SD di Mojokerto. Kami sudah pernah kunjungan ke sana, dan SMA kembali ke sini," kata Ganjar di lokasi, Sabtu (18/2).

Dalam kesempatan tersebut, Ganjar sempat memasuki kamar kost Bung Karno. Letaknya berada di lantai dua bangunan itu yang terhubung dengan tangga hijau berukuran kecil.

Ganjar Pranowo berharap, generasi muda bangsa bisa mengunjungi Museum HOS Tjokroaminoto ini untuk melihat tempat tinggal pemimpin-pemimpin bangsa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News