NasDem Janji Tetap Kritis Meskipun Berada di Koalisi Pemerintah

NasDem Janji Tetap Kritis Meskipun Berada di Koalisi Pemerintah
Ketua Fraksi Partai NasDem DPR RI Roberth Rouw saat membuka acara bedah buku tentang kinerja tahunan Fraksi Partai NasDem DPR RI Tahun 2021 bertajuk "Tetap Kritis di Masa Krisis" di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (23/3/2022). ANTARA/HODokumentasi Pribadi

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Fraksi Partai NasDem DPR Robert Rouw mengatakan pihaknya akan tetap bersikap kritis meskipun saat ini menjadi bagian dari koalisi Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin.  

Menurut Robert Rouw, Fraksi Partai NasDem tetap akan melakukan kritik untuk memastikan kebijakan yang dapat diimplementasikan. 

Robert menyatakan dukungan fraksinya terhadap pemerintah di periode kedua ini tetap tanpa syarat dan tanpa pamrih, tetapi bukan berarti pihaknya tidak bersikap kritis. 

“Lebih kritis bahkan dari rekan-rekan yang tidak di dalam atau bukan bagian pendukung pemerintah. Karena kami punya kepentingan pemerintah berhasil melaksanakan janji-janji politik saat kampanye dulu," katanya.

Robert Rouw menyampaikan itu saat memberikan sambutan pada pembukaan diskusi sekaligus bedah buku laporan kerja tahunan 2021 dengan tema "Tetap Kritis di Masa Kritis" di Gedung Nusantara II Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (23/3).

Dia menjelaskan kebijakan eksekutif sering dapat dipahami legislatif dalam tataran umumnya. 

Namun, kebijakan itu kerap kali bermasalah pada saat diterapkan dalam pelaksanaan di kementerian/lembaga teknis.

"Pemerintah, presiden, kan keputusan kebijakannya makro. Kebijakan-kebijakan ini perlu diterjemahkan ke langkah-langkah taktis. Langkah-langkah ini yang bermasalah, dan ini yang harus kami kritisi," paparnya.

Partai NasDem menegaskan akan tetap bersikap kritis, meskipun saat ini berada dalam koalisi pemerintah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News