NasDem Kalteng Pastikan Tidak Ada Jalur Khusus dalam Pendaftaran Pilkada Serentak 2024

NasDem Kalteng Pastikan Tidak Ada Jalur Khusus dalam Pendaftaran Pilkada Serentak 2024
Tim Penjaringan Bakal Calon Kepala Daerah DPW NasDem Kalteng menerima berkas pendaftaran dari Fairid Naparin saat berada di kantor DPW NasDem Kalteng, Selasa (7/5/2024). ANTARA/Adi Wibowo.

jpnn.com - PALANGKA RAYA - Dewan Pimpinan Wilayah Partai Nasional Demokrat Kalimantan Tengah menyatakan tidak ada jalur khusus dalam pendaftaran bakal calon kepala daerah pada Pilkada Serentak 2024.

Semua bakal calon kepala daerah baik itu gubernur, wakil gubernur dan kada kabupaten/kota wajib mengikuti aturan dan prosedur ketika hendak menjadi balon kada melalui Partai NasDem.

"Tidak ada jalur khusus bagi bakal calon yang mendaftar di Partai NasDem, semuanya wajib mengikuti proses dan nantinya semua nama-nama yang terjaring akan disodorkan ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) seusai kami melaksanakan pleno pada 9 Mei 2024 nanti," kata Tim Sembilan Penjaringan Bakal Calon Kepala Daerah DPW NasDem Kalteng Anggoro Dian Purnomo di Palangka Raya, Selasa (7/5).

Dia menjelaskan bahwa untuk Pilkada Kota Palangka Raya, Partai NasDem juga tidak memberikan jalur khusus kepada wali kota Palangka Raya periode 2018-2023 Fairid Naparin.

Yang bersangkutan mendaftar sesuai dengan aturan yang berlaku, sehingga semuanya berjalan tertib dan lancar. Panitia penjaringan bacalon kepala daerah dari NasDem bahkan akan menyampaikan ke DPP terkait minus atau plusnya si bakal calon yang telah mendaftar sebagai pertimbangan DPP.

"Tentunya juga penilaian DPP adalah elektabilitas dan hasil survei yang nantinya akan dilakukan oleh partai," ungkapnya.

Di lokasi yang sama, Fairid Naparin yang hari ini mendaftar ke DPW Partai NasDem Kalteng didampingi beberapa tokoh agama dan tokoh adat setempat menyatakan siap mendaftarkan diri sebagai bakal calon kepala daerah mengikuti prosedural partai setempat. "Saya siap mengikuti proses penjaringan di Partai NasDem sesuai prosedur," katanya.

Dia menambahkan bahwa majunya dia di Pilkada 2024 yang akan dilaksanakan pada 27 November mendatang tentunya bertujuan untuk menuntaskan persoalan-persoalan, baik itu pembangunan daerah serta lainnya, karena dirinya pernah menjabat di tahun sebelumnya.

Partai NasDem Kalteng memastikan tidak ada jalur khusus dalam pendaftaran Pilkada Serentak 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News