NasDem Punya Akademi, Rencananya Bakal Diresmikan Jokowi

NasDem Punya Akademi, Rencananya Bakal Diresmikan Jokowi
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh (berkemeja putih) saat hadir di Akademi Bela Negara (ABN), Pancoran, Jakarta Selatan, Kamis (13/7). Foto: Fathan Sinaga/JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Partai Nasional Demokrat (NasDem) akan meresmikan Akademi Bela Negara (ABN) untuk menanamkan nilai-nilai Pancasila dan patriotisme. Rencananya, partai pimpinan Surya Paloh itu akan mengundang Presiden Joko Widodo untuk meresmikan ABN di Pancoran, Jakarta Selatan, Minggu (16/7).

"Pak Presiden kita akan meresmikan akademi ini. Kami harapkan, akademi ini bisa melahirkan sosok pemuda yang berjiwa Pancasila," kata Ketum Partai NasDem Surya Paloh di Gedung ABN, Kamis (13/7).

Surya menjelaskan, akademi ini adalah wujud kewajiban partai politik terhadap masyarakat. Dia memastikan ABN akan menanamkan prinsip berbangsa melalui sejumlah program.

Sebagai percontohan, ABN baru memberi edukasi kepada 500 kader Partai NasDem terlebih dahulu. Surya mengharapkan mereka bisa mendapat dampak positif dan menambah wawasan.

"Membentuk karakter diri, etos yang lebih solid agar mereka tidak hanya kader terbaik partai, tapi kader terbaik bangsa," kata Surya.

ABN NasDem pun akan ada berkolaborasi dengan pemerintah untuk penyelenggaraan program bela negara. ABN NasDem, sambung Surya, hanya melakukan pelatihan bela negara selama empat bulan.

Sisanya, masa pendidikan selama delapan bulan difokuskan untuk menyusun silabus tentang pelatihan, seminar, kursus atau hal lain yang berkaitan dengan program. "Dicari nanti upayanya seperti apa, yang jelas institusi ini telah menyiapkan silabus yang insyaallah memberikan manfaat," pungkas Surya.

Sementara Gubernur ABN I Gusti Kompyang Manila menambahkan, fokus pendidikan yang ingin ditonjolkan adalah pendidikan karakter bela negara. "Di sini tidak tidak dididik jadi tentara, tapi dididik untuk disiplin dalam berbuat dan bertindak," kata Manila.

Partai Nasional Demokrat (NasDem) akan meresmikan Akademi Bela Negara (ABN) untuk menanamkan nilai-nilai Pancasila dan patriotisme. Rencananya, partai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News