Nasib Tak Jelas, Iannone Malah Cepat di FP MotoGP Italia

Nasib Tak Jelas, Iannone Malah Cepat di FP MotoGP Italia
Andrea Iannone. Foto: AFP

jpnn.com, MUGELLO - Andrea Iannone tampil menjadi pembalap paling cepat pada sesi free practice (FP) hari pertama MotoGP Italia, Jumat (1/6) kemarin. Itu terjadi setelah rider Italia itu mengumumkan tak lagi memperpanjang kontrak dengan Suzuki musim depan.

Pada sesi (FP1) mantan pembalap Ducati tersebut mendapatkan catatan waktu terbaiknya dengan ban belakang medium pada kesempatan terakhirnya melakukan time attack. Pembalap Italia tersebut membukukan waktu 1 menit 48,880 detik. Terpaut 0,550 detik lebih cepat dari pembalap uji Ducati Michele Pirro.

Dia membalap di MotoGP Italia menggunakan jatah wildcard Ducati akhir pekan ini. Meski finis di posisi kedua Pirro sejatinya menguasai sesi latihan pertama pada sesi pagi. Dia lebih cepat dari pembalap utama Ducati Andrea Dovizioso 0,2 detik. Keduanya menggunakan ban belakang soft saat mencapai lap tercepatnya.

Konsisten tampil cepat pada sesi dua sesi latihan bebas, Pirro mengalami kecelakaan parah di sesi sore. Pirro terlempar dari motornya sangat tinggi setelah melakukan pengereman tajam di akhir tikungan satu. Tikungan tersebut memang berbahaya karena berada di akhir trek lurus menurun sepanjang 1,1 kilometer. Akibat kecelakaan tersebut red flad dikibarkan dan sesi latihan dihentikan selama 29 menit.

Karena kondisinya yang parah Pirro sempat tidak sadarkan diri. Setelah dibawa ke pusat medis untuk diperika, dilaporkan pembalap 32 tahun itu sadar dan langsung dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan.

''Kondisi ternyata tak separah seperti yang terlihat. Dia sadar, mengenali dirinya sendiri dan orang lain. Tapi tidak ingat apa yang terjadi,'' ucap Ducati Sporting Director Paolo Ciabatti. Pirro bisa menggerakan kaki dan lengannya, tapi dia sepertinya bermasalah dengan lengannya.

Sesi latihan kemudian dilanjutkan. Namun beberapa saat setelahnya dihentikan lagi karena mesin motor Ducati yang ditunggangi Andrea Dovizioso terbakar di dekat tikungan San Donato. Oli berceceran di permukaan trek dan membutuhkan waktu untuk dibersihkan. Sepertinya mesin Desmosedici milik Dovi tak mampu lagi menahan tekanan berat digeber di beberapa balapan terakhir.

Sesaat sebelum peristiwa tersebut, Iannone berhasil menanajamkan catatan waktunya menjadi satu menit 47,274 detik. Bintang Repsol Honda Marc Marquez sempat menggeser posisi Iannone dengan mengitari Mugello dengan waktu 1 menit 47,218 detik. Padahal dia sempat terjatuh di Tikungan 4 di masa antara dua red flag.

Sebelum latihan MotoGP Italia, Andrea Iannone mengumumkan tak lagi bersama Suzuki musim depan. Dia juga memastikan tak akan pindah ke tim satelit.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News