Nasir Minta Kampus Antisipasi Munculnya Pekerjaan Baru

Nasir Minta Kampus Antisipasi Munculnya Pekerjaan Baru
Mohamad Nasir. Foto: Humas Kemenristekdikti for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menristekdikti Mohamad Nasir mengingatkan perguruan tinggi harus bersiap dan antisipasi munculnya pekerjaan baru di era revolusi industri 4.0.

Nasir menjelaskan penyiapan lulusan perguruan tinggi untuk menyambut era baru industri itu harus disiapkan dengan matang. "Perlu dilakukan rekonstruksi kurikulum," katanya, Minggu (25/2).

Dengan adanya rekonstruksi kurikulum itu, dia berharap pengetahuan dan keterampilan mahasiswa bisa lebih luas.

Diantara kemampuan baru yang diharapkan diperluas jangkauannya adalah ilmu coding, big data, teknologi serta penguasaan kecerdasan buatan (artificial intelligence) dan sejenisnya.

Nasir menjelaskan tantangan ekonomi digital sudah di depan mata. Berdasarkan kajian Bank Dunia di 2017, diperkirakan 75 juta tenaga kerja global akan beralih profesi ke pekerjaan-pekerjaan baru. Dimana 65 persen jenis pekerjaan baru itu belum bisa ditemukan saat ini.

"Akan muncul jenis pekerjaan baru akibat revolusi industri 4.0," tuturnya. Untuk itu perguruan tinggi harus bisa mengantisipasi peralihan jenis pekerjaan di era ekonomi digital itu.

Caranya adalah menyiapkan kompetensi dosen dan kurikulum yang tepat. Untuk proses pembelajaran tidak sekedar tatap muka.

Tapi juga pembelajaran jarak jauh berbasis online secara penuh maupun kombinasi (blended) dengan tatap muka.

Menristekdikti Mohamad Nasir meminta kalangan kampus bersiap dan antisipasi munculnya pekerjaan baru di era revolusi industri 4.0.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News