Nasir: Pak Jokowi Sudah Berpikir Jauh ke Depan

Nasir: Pak Jokowi Sudah Berpikir Jauh ke Depan
Menristekdikti Mohamad Nasir. Foto: Humas Kemenristekdikti for JPNN.com

jpnn.com, DENPASAR - Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir membanggakan empat unicorn milik anak bangsa. Empat unicorn ini memiliki kapitalisasi aset lebih dari USD 1 miliar atau sekira Rp 14 triliun.

"Indonesia sudah punya empat unicorn yaitu Gojek, Tokopedia, Traveloka, dan Bukalapak. Ini bukti Presiden Jokowi sangat mendukung para milenial mengembangkan startup ekonomi digital," kata Menteri Nasir dalam rangkaian rakorda LLDikti wilayah VIII dan launching Hari Kebangkitan Nasional (Hakteknas) ke-24 di Denpasar, Bali, Kamis (24/2)

Dia menyebutkan, Gojek omsetnya USD 9 miliar, Tokopedia USD 7 miliar, Traveloka USD 2,25 miliar, dan Bukalapak USD 1,8 miliar.

BACA JUGA: Prabowo Ditantang Kembalikan Tanah Sebelum 17 April, Buat Kubu Jokowi Juga

Untuk mendorong unicorn-unicorn baru, pemerintah menargetkan tahun ini ada 1.000 startup. Saat ini Kemenristekdikti sudah membina 956 startup. Ditambah 226 calon startup.

"Indonesia sudah menyiapkan infrastruktur yaitu Palaparing yang menghubungkan satu daerah dengan daerah lain lewat fiber optic. Di wilayah Indonesia barat dan tengah sudah selesai. Yang timur sedang dikerjakan," tuturnya.

Selain infratruktur, pemerintah juga menyiapkan SDM. Pendidikan di bidang teknologi informasi sangat penting. Bagaimana juga menyambungkan PT dengan industri.

BACA JUGA: Eva PDIP: Penerima Manfaat Terbesar Pak Prabowo

Indonesia di era pemerintahan Jokowi saat ini sudah punya empat unicorn, tahun ini ditargetkan lahir 1000 startup.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News