Natuna Titik Potensial Jadi Poros Maritim Dunia

Natuna Titik Potensial Jadi Poros Maritim Dunia
Timwas Pembangunan Perbatasan DPR RI meninjau salah satu destinasi wisata di Kabupaten Kepulauan Natuna, Provinsi Kepulauan Riau. Foto: Humas DPR RI

jpnn.com, NATUNA - Kabupaten Natuna dengan bentang alam yang luas terdiri dari 99,25 persen lautan dan hanya sebesar 0,75 persen wilayah daratan, memiliki potensi wisata yang sangat menarik. Kawasan perairan Natuna merupakan titik potensial untuk menjadi poros maritim dunia sehingga daerah NKRI itu juga harus terus dibangun pemerintah dan dihormati negara lain.
 
Pulau Natuna di ujung utara Nusantara menyimpan banyak potensi wisata. Namun sayangnya banyak dari potensi tersebut belum seluruhnya terkelola dengan baik. Salah satunya adalah taman batu granit alami, Alif Stone Park.
 
Dalam kunjungan ke Kabupaten Natuna, Timwas Pembangunan Perbatasan DPR RI sempat meninjau salah satu destinasi wisata yang belum dikelola dengan baik oleh Pemkab Natuna.

“Ini kemurahan Tuhan yang memberikan alam yang begitu indah di Natuna, saya melihat tempat ini menjadi salah satu destinasi wisata yang sangat menjanjikan apabila dikelola dengan baik dan ditunjang oleh sarana prasarana yang mendukung,” tutur politikus PPP Amirul Tamim, Kamis (19/10).
 
Anggota Dewan ini juga mengajak Kementerian Pariwisata untuk mempromosilkan Kepulauan Natuna menjadi destinasi wisata unggulan di Indonesia. Untuk mendukung pariwisata di Natuna harus juga dibangun hotel serta adanya penerbangan langsung ke Natuna.
 
Salah satu pengelola Alif Stone Park menuturkan, sepinya pengunjung di tempat wisata ini disebabkan oleh pembangunan hotel yang masih sedikit. “Banyak kendala yang dihadapi untuk meningkatkan jumlah wisatawan antara lain jumlah hotel yang minim, tidak ada penerbangan langsung ke Natuna dan minimnya promosi yang dilakukan Pemkab Natuna,” tutur Heri Bakti, pengelola Alif Stone Park.
 
Wakil Bupati Natuna Ngesti Yuni Suprapti menuturkan, Pemkab Natuna sudah berupaya meningkatkan jumlah penerbangan ke Kabupaten Natuna. Hal ini diwujudkan dengan menambah penerbangan dari satu minggu hanya tiga kali ditambah menjadi enam kali.
 
Hal serupa juga diutarakan oleh Ketua Timwas DPR  Sukiman. “Kita harus bersyukur Natuna memiliki alam yang indah, sektor pariwisata akan meningkatkan perekomonomian masyarakat apabila dikelola dengan baik serta didukung sarana penunjang seperti pelabuhan,” tutur Sukiman.(adv/jpnn)


Pulau Natuna di ujung utara Nusantara menyimpan banyak potensi wisata. Namun sayangnya banyak dari potensi tersebut belum seluruhnya terkelola dengan baik.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News