Naturalisasi Atlet Bakal Digalakkan

Kemenpora Himbau PB Mendata, Koordinasi Juga dengan KBRI

Naturalisasi Atlet Bakal Digalakkan
Naturalisasi Atlet Bakal Digalakkan
JAKARTA - Cristian Gonzales serta Kim Jeffrey Kurniawan, sepertinya bukan menjadi satu-satunya atlet yang bakal dinaturalisasi untuk membela Indonesia di level internasional. Sebab, Kemenpora telah menyatakan terus berkoordinasi dengan KBRI (Kedutaan Besar RI) yang ada di seluruh dunia, untuk mencari atlet potensial yang bisa dinaturalisasi.

"Tapi kami memprioritaskan atlet-atlet yang memang memiliki darah Indonesia. Kalau tak ada darah Indonesia, nanti dulu. Sebab kami ingin mereka juga memiliki kebanggaan, serta silsilah dengan tanah air," terang Menpora Andi Alfian Mallarangeng, kemarin (22/12).

Menpora meminta semua KBRI untuk terus memantau atlet-atlet yang memang layak untuk dinaturalisasi. Sejauh ini katanya, sudah ada beberapa masukan tentang atlet-atlet "setengah asing" yang layak untuk masuk ke timnas itu. Di antaranya ialah dari cabang taekwondo.

Namun, Menpora menyatakan belum menerima secara resmi mengenai data maupun track record atlet tersebut. Karena itu, pria asal Makassar, Sulsel tersebut, mengaku belum bisa memberikan keputusan untuk proses naturalisasi ini. Meski begitu, Kemenpora katanya, membuka pintu selebar-lebarnya bagi para atlet keturunan Indonesia untuk dinaturalisasi.

JAKARTA - Cristian Gonzales serta Kim Jeffrey Kurniawan, sepertinya bukan menjadi satu-satunya atlet yang bakal dinaturalisasi untuk membela Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News