Nazaruddin Gagal Asimilasi di Pondok Pesantren

Nazaruddin Gagal Asimilasi di Pondok Pesantren
Eks Bendum Partai Demokrat M Nazaruddin. Foto: dok jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Keinginan M. Nazaruddin menjalani masa asimilasi di sebuah pondok pesantren di Bandung, Jawa Barat, dipastikan kandas.

Sebab, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menolak memberikan rekomendasi atas usulan bebas bersyarat yang merupakan syarat asimilasi atau kerja sosial untuk mantan Bendahara Umum Partai Demokrat itu.

"Kami tidak akan memberikan rekomendasi (asimilasi Nazar)," kata Ketua KPK Agus Rahardjo, Sabtu (10/2).

Sebelumnya, surat resmi permohonan rekomendasi ke KPK itu dikirim Tim Pengamat Pemasyarakatan (TPP) Ditjen Pemasyarakatan (Ditjenpas) pada Senin (5/2).

Dalam surat itu disebutkan bahwa Nazar bakal menjalani masa asimilasi di sebuah pondok pesantren di Bandung, Jawa Barat.

Asimilasi itu merupakan syarat yang harus dipenuhi terpidana korupsi wisma atlet Palembang tersebut agar bisa mendapat pembebasan bersyarat (PB) dari Kementerian Hukum dan HAM.

Agus tidak menjelaskan secara detail apa alasan KPK tak memberikan rekomendasi kepada Nazar.

Komisioner KPK asal Magetan itu hanya menyebutkan bahwa pengurangan masa tahanan (remisi) yang diterima Nazar selama ini sudah cukup banyak.

Ketua KPK Agus Rahardjo secara tegas menolak memberikan rekomendasi atas usulan Ditjenpas agar M.Nazaruddin menjalani masa asimilasi di ponpes.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News