JPNN.com

Negara-Negara Arab Mulai Berpaling dari Palestina, Menlu Retno Tegaskan Sikap Indonesia

Kamis, 01 Oktober 2020 – 07:31 WIB
Negara-Negara Arab Mulai Berpaling dari Palestina, Menlu Retno Tegaskan Sikap Indonesia - JPNN.com
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. Foto: ANTARA/HO-Kemlu RI/am

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Luar Negeri RI melakukan pertemuan virtual dengan Menteri Luar Negeri Palestina, Selasa (29/9). Perkembangan situasi Palestina yang makin memprihatinkan setelah beberapa negara Arab menormalisasi hubungan dengan Israel, jadi pokok bahasan.

“Masa depan Palestina menjadi semakin tidak mudah dan penuh tantangan. Tanpa dukungan dunia internasional yang kokoh, dikhawatirkan hak politik Palestina akan terabaikan,” kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam pengarahan media secara daring, Rabu (30/9).

Keputusan Uni Emirat Arab (UEA) dan Bahrain untuk membuka hubungan diplomatik dengan Israel dinilai banyak pihak akan melemahkan perjuangan Palestina mencapai kemerdekaan.

Indonesia sendiri memahami langkah tersebut sebagai niat UEA dan Bahrain yang ingin menyediakan ruang negosiasi dan mengubah pendekatan guna menyelesaikan konflik berkepanjangan antara Israel dan Palestina.

Namun, Indonesia tetap konsisten mendukung kemerdekaan Palestina berdasarkan solusi dua negara serta mengecam segala bentuk pendudukan, pelanggaran hak asasi manusia dan hukum internasional yang dilakukan Israel.

“Saya menekankan mengenai posisi Indonesia yang akan terus memberikan dukungan bagi perjuangan Palestina,” Retno menegaskan.

Di tengah situasi Palestina yang memburuk, Menlu Riad Maliki melaporkan satu hal positif yakni terciptanya persatuan antara Hamas dan Fatah, dua faksi terbesar Palestina yang memiliki sejarah perang saudara.

“Dijelaskan oleh Menlu Palestina bahwa kedua faksi ini sedang terus melakukan pembicaraan yang akan mengarah kepada pelaksanaan pemilu Palestina,” ujar Retno.

Sumber Antara

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
adil