JPNN.com

Nelayan di Karawang Apresiasi Kesigapan Pertamina Tangani Tumpahan Minyak

Minggu, 28 Juli 2019 – 21:45 WIB
Nelayan di Karawang Apresiasi Kesigapan Pertamina Tangani Tumpahan Minyak - JPNN.com

jpnn.com, KARAWANG - Kesigapan Pertamina dalam mengatasi oil spill di Karawang, mendapat apresiasi Rukun Nelayan (RN) setempat. Seperti dari RN Desa Sedari Kecamatan Cibuaya dan RN Desa Pusakajaya Utara Kecamatan Cilebar, Karawang.

Ketua RN Desa Sedari, Emong Sunarya, misalnya, menilai positif kesigapan Pertamina dalam mengatasi limbah minyak.

Pasalnya, sesaat setelah warga menginformasikan bahwa ceceran minyak sudah sampai ke pantai, Pertamina langsung memberdayakan warga nelayan untuk turut membantu mengambil oil spill dan memasukkan ke dalam karung.

“Kalau disebut bagus, ya bagus. Mereka sangat peduli. Saya sendiri yang menginformasikan kepada Pertamina Jumat sekitar pukul sebelas malam. Mereka langsung tanggap dan meminta nelayan membantu. Dan sambil menyelesaikan lengkapnya peralatan, pekerjaan dimulai sekitar pukul tujuh pagi,” kata Emong.

Pertamina juga melibatkan seratus persen nelayan Desa Sedari. Dari 120 nelayan di desa tersebut, seluruhnya turun untuk mengatasi oil spill.

“Semua peralatan dari Pertamina. Mulai sekop, centong, plastik, karung, dan bahkan masker. Nelayan hanya tenaganya saja,” jelas Emong.

Pertamina juga memberi upah kepada para nelayan. Menutur Emong komunikasi dengan Pertamina memang lancar sejak dulu. Hubungan baik tersebut terjalin jauh hari, sebelum insiden sumur YYA-1.

Bahkan meski Humas PHE ONWJ beberapa kali berganti hubungan antara warga dan Pertamina selalu baik.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
yessy