JPNN.com

Nelayan Pesisir Jawa Kian Miskin

Selasa, 28 April 2009 – 16:35 WIB Nelayan Pesisir Jawa Kian Miskin - JPNN.com
JAKARTA - Nelayan yang hidup di pesisir Pulau Jawa tidak akan pernah bisa makmur, lantaran potensi lautnya tinggal sedikit. Hal ini, kata Sesmenko Kesra Indroyono Susilo, berbeda dengan nelayan yang hidup di pesisir luar Jawa, yang lebih sejahtera karena potensi kelautannya masih berlimpah.

"Sampai kapan pun, nelayan di pesisir Pulau Jawa tidak akan makmur. Karena mereka mau ambil apa? Semuanya sudah diambil. Mana lagi lautnya banyak yang tercemar dengan limbah, jadi ikan-ikan susah berkembang biak," ujar Indroyono, Selasa (28/4).

Dicontohkan Indro, nelayan di Pulau Sulawesi misalnya, banyak yang penghidupannya lebih maju dibandingkan mereka yang di Jawa. Itu pulalah sebabnya kenapa pemerintah mengarahkan para nelayan yang ingin bertransmigrasi ke luar Jawa.

Sementara itu dikatakannya, lewat Badan Riset Kelautan dan Perikanan (BRKP) dan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), pemerintah telah menemukan alat pendeteksian lokasi-lokasi yang banyak ikannya. "Kita sudah punya sistem deteksi menggunakan satelit. Dan ini kita sudah informasikan ke daerah setempat untuk kemudian diinformasikan ke nelayan," cetusnya.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...