Ngaku Anggota Jihandak, Tipu Warga dengan Modus Jual Motor Bekas

Ngaku Anggota Jihandak, Tipu Warga dengan Modus Jual Motor Bekas
Ngaku Anggota Jihandak, Tipu Warga dengan Modus Jual Motor Bekas

jpnn.com - BALIKPAPAN - Kasus penipuan dengan mengatasnamakan anggota Kepolisian marak terjadi. Kali ini penipuan dengan mengaku sebagai anggota Jihandak Gegana Brimob Polda Kaltim menimpa empat orang korbannya dengan total kerugian sekitar Rp 16,7 juta.

Namun perjalanan pelaku penipuan yang bernama M Agung Susilo (44) tersebut berakhir setelah ditangkap oleh anggota Resintelmob Satbrimob Polda Kaltim pada Jumat (2/5) malam sekira pukul 19.30 Wita.

Pengungkapan bermula pada Jumat (2/5) sore sekira pukul 15.15 Wita, korbannya bernama Abdi rahmandatang ke ruangan Resmob melaporkan bahwa pada Rabu (30/4) lalu ada seseorang yang mengaku anggota Jihandak Gegana Satbrimob Polda Kaltim, menawarkan sepeda motor bekas dan meminta uang muka terlebih dahulu sebesar Rp 5,5 juta.

Namun setelah uang diberikan selama dua hari motor yang dijanjikan tak kunjung diberikan, dan pelaku kembali meminta uang tambahan sebesar Rp 2 juta, karena curiga korban langsung melapor ke Resintelmob.

“Mendapat laporan itu langsung kita melakukan pengecekan dan ternyata tidak ada anggota bernama M Agung Susilo di Brimob,” ungkap Kasat Brimob Kombes Pol Drs Subnedih, SH didampingi Kasi Intel Kompol Estti Nugroho.

Setelah disampaikan kepada korban bahwa tidak ada nama anggota yang dimaksud, korban pun meminta bantuan agar dapat dilakukan penangkapan terhadap pelaku. Karena sampai saat itu pelaku masih menghubungi korban untuk mentransferkan uang.

Sekitar pukul 17.30 Wita anggota Resintelmob mendampingi korban yang akan memberikan uang tunai kepada pelaku, korban dan pelaku sepakat untuk bertemu di daerah perumahan Borneo Paradiso.

“Sekira pukul 19.00 Wita pelaku yang berjumlah dua orang dengan menggunakan sepeda motor datang, anggota kami langsung menangkap dan membawa pelaku ke kantor,” terang Estty.

BALIKPAPAN - Kasus penipuan dengan mengatasnamakan anggota Kepolisian marak terjadi. Kali ini penipuan dengan mengaku sebagai anggota Jihandak Gegana

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News