Ngeri Banget, Puluhan Rumah di Garut Terancam Longsor

Ngeri Banget, Puluhan Rumah di Garut Terancam Longsor
Sejumlah rumah berada di atas tebing tanah yang longsor di Desa Karyamekar, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Minggu (14/2). Foto: ANTARA/Candra

jpnn.com, GARUT - Puluhan rumah warga di Desa Karyamekar, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut, Jawa Barat, terancam bencana tanah longsor.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut mengimbau para penghuni segera mengungsi.

"Total terdampak dan terancam 24 kepala keluarga 76 jiwa," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Garut Tubagus Agus Sofyan, Minggu (14/2).

Ia menuturkan, seluruh kepala keluarga itu menempati 21 rumah yang saat ini sebanyak dua rumah berjumlah tujuh jiwa sudah terdampak longsor dan 19 rumah dengan jumlah penghuni 53 jiwa terancam longsor.

Rumah penduduk itu, kata dia, berada di dua kampung yakni Kampung Babakan Kawung dan Kampung Cipageur yang daerahnya berada di atas longsoran tanah tebing setinggi 50 meter dan panjang longsoran sekitar 500 meter.

"Kejadian tanah longsor di Desa Karyamekar, Kecamatan Cilawu itu terjadi tanggal 12 Februari 2021 pukul 20.00 WIB, penyebabnya karena hujan deras," katanya.

Tubagus menyampaikan warga yang rumahnya terancam bahaya longsor itu sementara mengungsi di Madrasah Nurul Iman dan rumah saudaranya yang aman dari ancaman bencana.

Selain itu, lanjut dia, tim dari BPBD Garut bersama masyarakat rutin melakukan patroli siang dan malam untuk memantau terus pergerakan tanah di daerah itu.

BPBD Kabupaten Garut mengimbau para penghuni rumah yang terancam longsor harus segera mengungsi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News